Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Lagu "Photograph", Ed Sheeran Digugat Rp 266 Miliar

Kompas.com - 10/06/2016, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Dua musisi yang berbasis di California menggugat penyanyi Inggris Ed Sheeran sebesar 20 juta dolar AS (Rp 266 miliar) atas lagu hit "Photograph".

Menurut mereka, lagu itu memiliki struktur serupa dengan salah satu lagu mereka menurut dokumen pengadilan yang diajukan Rabu (8/6).

Martin Harrington, penulis lagu dan produser, serta Thomas Leonard, penulis lagu yang bernaung di bawah perusahaan Harrington bernama HaloSongs, mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta tersebut di pengadilan federal Central District California.

Kedua musisi menuduh lagu balada "Photograph" karya Ed Sheeran yang dirilis sebagai single pada 2015 punya komposisi musikal serupa dengan lagu mereka "Amazing" yang ditulis tahun 2009.

Gugatan itu juga ditujukan kepada Johnny McDaid dari Snow Patrol, yang ikut menulis "Photograph", serta unit Sony/ATV Music Publishing, Warner Music Group dan anak perusahaannya, Atlantic Recording Corporation.

Perwakilan Sheeran, McDaid, Sony Music, Warner Music dan Atlantic tidak segera merespons permintaan kantor berita Reuters untuk memberi tanggapan mengenai gugatan itu pada Rabu.

Harrington dan Leonard membawa kasus itu ke pengadilan juri serta meminta ganti rugi 20 juta dolar AS atas pelanggaran, juga royalti lagu tersebut.

Dalam dokumen yang berisi perbandingan nada musik dan rincian chord dari kedua lagu tersebut, Harrington dan Leonard mengklaim chorus "Photograph" punya 29 nada identik dengan "Amazing".

Menurut mereka kesamaan itu "langsung bisa diketahui oleh pendengar biasa".

Dokumen itu menyatakan "Photograph" telah terjual lebih dari 3,5 juta kopi sedunia,. Baru-baru ini lagu itu ditampilkan dalam film drama romantis Me Before You yang rilis pekan lalu, juga dalam trailer filmnya.

Sheeran, yang tahun ini merebut Grammy, telah menjadi salah satu seniman terlaris dalam dua tahun terakhir. Ia sudah menulis lagu untuk artis seperti One Direction, Taylor Swift ,dan Justin Bieber.

"Photograph" adalah single kelima dari album Sheeran tahun 2014 yang berjudul "x" (multiply). Gugatan itu menyatakan Sheeran telah menyebut lagu itu sebagai "yang akan mengubah perjalanan kariernya".

Lagu "Amazing" milik Harrington dan Leonard diadaptasi jadi single berjudul sama oleh penyanyi Inggris Matt Cardle, pemenang kompetisi menyanyi "The X Factor" UK 2010.

"Amazing" dari Cardle hingga saat ini telah ditonton 1 juta kali di YouTube, sementara video musik "Photograph" Sheeran sudah ditonton 208 juta kali di YouTube menurut Reuters.

Gugatan serupa juga dialami Robin Thicke dan Pharrell Williams. Lagu mereka "Blurred Lines" digugat keluarga mendiang penyanyi soul Marvin Gaye. Dalam perkara itu, pihak penggugat menang dan mendapat ganti rugi 7,4 juta dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com