Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Anwar: Toleransi Zaman Jokowi Berada di Titik Terendah

Kompas.com - 11/06/2016, 17:26 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara film Joko Anwar menilai bahwa sikap toleransi di zaman pemerintahan Presiden Joko Widodo cukup rendah.

Penilaian Joko tersebut terkait dengan razia penjual makanan di bulan Ramadhan 1437 Hijriah yang dilakukan Satuan Polisi Pamongpraja PP (Satpol PP), Pemkot Serang, Banten, Jumat (19/6/2016).

"Toleransi di jaman @jokowi berada di titik terendah. Nggak ada gunanya bangun infrastruktur kalau nurani rakyat bangkrut," tulis Joko melalui akun Twitter @jokoanwar, Sabtu (11/6/2016).

Pada tweet sebelumnya, sutradara film A Copy of My Mind tersebut mengunggah potongan video berita Kabar Pagi KompasTV.

Dalam video tersebut, terlihat Satpol PP menyita semua makanan yang ada di warung nasi tersebut. Semuanya dibungkus tanpa tersisa. Ibu penjual nasi tampak menangis tidak rela dagangannya diambil begitu saja.

"Pak @jokowi, apakah ini makna toleransi di pemerintahan Bapak?" tulis Joko menlengkapi keterangan video tersebut.

Joko pun meminta presiden untuk segera bertindak terhadap masalah ini. Sebab, kata Joko, problematika intoleransi bisa menjadi ancaman serius.

"Razia warung dan intoleransi bukan peristiwa yg terisolasi di satu daerah. Ini masalah nasional. Presiden @jokowi harus menyelesaikan," tulis sutradara kelahiran Medan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com