Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venna Melinda: Bekraf Perlu Kembangkan Kajian Film

Kompas.com - 15/06/2016, 21:33 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Legislator Komisi X DPR RI Venna Melinda mengusulkan agar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) perlu membuat kajian film-film Indonesia yang sukses demi berkembangnya perfilman nasional.

"Bekraf bisa bersama-sama para produser membuat kajian bagi film-film yang sukses, kategorinya bukan hanya banyak penontonnya, tetapi berkualitas, sebagai pemetaan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X DPR dengan Bekraf yang diketuai Triawan Munaf di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (15/6/2016).

Hal sependapat juga diutarakan pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra dan 24 anggota yang hadir dalam RDP.

"Dalam rangka pengembangan perfilman nasional dan merekomendasikan panja perfilman nasional, Komisi X DPR meminta Bekraf melakukan kajian secara komprehensif," kata Sutan, menyinggung akan direkomendasikannya panitia kerja (Panja) Perfilman Nasional.

Komisi X juga meminta Bekraf segera menyusun sistem pencatatan film terlaris (box office) terintegrasi, dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kami meminta Bekraf menyusun sistem box office terintegrasi bekerja sama dengan Kemendikbud RI," demikian Sutan.

Pusat Pengembangan (Pusbang) Film Kemendikbud mulai merancang sistem box office terintegrasi dan ditargetkan selesai tahun ini.

Sistem tersebut nantinya digunakan untuk memetakan pasar film nasional, memastikan promosi film lebih tepat sasaran hingga menyelenggarakan lokasi pertunjukan baru.

Sistem box office terintegrasi juga diharapkan membuka akses masyarakat akan lebih mudah memperoleh data film yang dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com