Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rino Sashihara dari HKT48, Anggota Idol Group Paling Banyak Penggemar

Kompas.com - 20/06/2016, 17:21 WIB

Niigata, KOMPAS.com -- Kira-kira 30.000 orang dari berbagai penjuru Jepang memenuhi stadion bisbol di Niigata, Sabtu lalu (18/6/2016) waktu setempat.

Mereka mengikuti voting tahunan yang menentukan siapa anggota terpopuler idol group AKB48.

Dalam acara kedelapan "pemilu" AKB48 itu, Rino Sashihara (23) dari HKT48, yang berbasis di Fukuoka, Jepang, mengumpulkan paling banyak pemilih dari para penggemar mereka selama dua tahun berturut-turut.

Sashihara diikuti oleh Mayu Watanabe (22 pemilih) dari AKB48 di Tokyo dan Jurnina Matsui (19) dari SKE48 di Nagoya, Jepang tengah.

Mereka yang masuk daftar 16 teratas secara otomatis dipilih menjadi penyanyi untuk lagu yang akan dirilis pada Agustus 2016.

Pada acara tersebut, anggota veteran AKB48, Haruna Kojima (28), mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan idol group itu.


Secara keseluruhan ada 272 anggota AKB48 dan sister unit regional, termasuk NGT48, yang berbasis di Niigata, yang berpartisipasi dalam voting popularitas tersebut.

"Pemilu" tahun ini merupakan yang kedua diselenggarakan di luar wilayah metropolitan Tokyo, mengikuti tahun lalu yang digelar di Fukuoka.

Sebagian penggemar mengaku senang bahwa acara itu diadakan di kota lain, karena mereka bisa juga menikmati pemandangan.

Hampir semua hotel di Niigata telah dipesan oleh para pengunjung yang datang ke kota di timur Jepang tersebut, demi menghadiri acara idol group itu.

Pemerintah kota Niigata mengatakan bahwa acara tersebut diperkirakan akan meningkatkan ekonomi Prefektur Niigata hingga 1,5 miliar yen (14,4 juta dollar AS).

Berita itu dikeluarkan oleh Kyodo. (Nanien Yuniar/Fitri Supratiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com