Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roy Marten Berbicara Aktor Dulu dan Sekarang

Kompas.com - 24/06/2016, 14:15 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis senior Roy Marten mengungkapkan pandangannya tentang perfilman di eranya dan zaman sekarang. Menurut dia, perbedaan paling mencolok adalah dari segi teknologi.

"Beda teknologinya. Salah satunya zaman saya dulu dubbing, saya akting sendiri dan dubbing sendiri. Kalau sekarang langsung dan direct sound," ujar Roy saat ditemui pada acara syukuran film Old Friend di Jalan Bangka Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (23/6/2016).

"Sekarang jauh lebih praktis dan digital. Kalau saya dulu retake tiga kali dimarahi karena memakan biaya yang besar sekali. Jadi perbedaannya adalah pemain-pemain zaman saya pasti latihan berkali-kali," sambung dia.

Meski demikian, dia menilai para pemain film masa kini mempunyai kecerdasan dalam berakting.

Menurut Roy, mereka tidak terpaku pada naskah dan mengelaborasinya melalui dialog yang begitu cair dan kreatif.

"Tapi aktor-aktor zaman sekarang jauh lebih cerdas, cair dalam berdialog, tapi mungkin kalau pendalaman aktor itu zaman dulu lebih kental karena mau latihan terus," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com