Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penata Suara "The Expendables" Tangani Film "Rudy Habibie"

Kompas.com - 25/06/2016, 15:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Christopher Sinclair David atau Chris David, penata suara tiga seri film The Expandables, digandeng oleh rumah produksi MD Pictures untuk menangani tata suara film Rudy Habibie.

"Kami dapat sound mixer Chris David. Dia yang buat sound mix film The Expandables, Olympus Has Fallen," kata produser film Rudy Habibie, Manoj Punjabi, dalam jumpa pers di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2016) malam.

Manoj mengatakan, jika selama ini pihaknya melakukan sound mixing di Bangkok, Thailand, maka untuk film Rudy Habibie kali ini rumah produksinya ingin membuat hal berbeda.

"Kadang film Indonesia itu sound-nya mendem, kadang enggak jelas atau enggak jernih. Bandingkan kalau nonton film Barat. Itu jauh sekali," ucapnya.

Karena itu, Manoj dan sutradara Hanung Bramantyo bersama timnya pun berangkat ke studio Wildfire Sonic Magic milik David di Los Angeles, Amerika Serikat, untuk melakukan sound mixing.

"Jadi kali ini kami enggak tanggung-tanggung, kami pergi ke Hollywood Amerika Serikat, Wildfire Sonic, untuk post production," ujarnya.

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa bekerja sama dengan penata suara asal Inggris yang sudah banyak menangani film-film di Hollywood, merupakan pengalaman baru.

"Jadi dia (David) track record bagus. Dia masuk nominasi Best Sound Mixing Oscar untuk film Legends of the Fall (1994). Dia juga udah kerja sama dengan produksi film Italia, Perancis, Korea. Pengalaman sangat baru bagi kami," ucap Manoj.

Sebagai informasi, film Rudy Habibie mengisahkan tentang masa muda mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi itu ketika berkuliah di Aachen, Jerman.

Karya besutan sutradara Hanung Bramantyo itu merupakan prekuel dari film Habibie & Ainun dan dijadwalkan rilis pada 30 Juni 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com