Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nicholas Saputra Sayang Gajah

Kompas.com - 25/06/2016, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor layar lebar Nicholas Saputra paham betul tentang gajah sumatera dan segala ancaman terhadap populasi satwa dilindungi ini. Bagaimana tidak, setiap tahun ia keluar-masuk kamp konservasi gajah di Unit Tanggap Konservasi (CRU) Tangkahan, Sumatera Utara.

Pemeran Rangga di film Ada Apa dengan Cinta itu pertama kali bersentuhan dengan gajah, lingkungan, dan ekosistemnya di Tangkahan pada 2005. Ia bisa datang ke sana tiga kali dalam setahun. Selain itu, ia kerap datang ke Taman Nasional Leuser dan Kawasan Ekosistem Leuser.

Karena sudah mengerti kesulitan hidup gajah sumatera, bekerja sama dengan Uni Eropa, Nicholas terlibat sebagai bintang utama di film dokumenter pendek berjudul Save Our Forest Giants yang berkisah tentang gajah-gajah di CRU Tangkahan.

"Menyebarluaskan kepedulian pada gajah adalah tanggung jawab saya," ujarnya dalam bahasa Inggris yang lancar, Minggu (19/6), saat penayangan perdana film itu di Institut Prancis di Indonesia (IFI), Jakarta.

Salah satu masalah yang jadi perhatian Nicholas adalah penyakit akibat elephant endotheliotropic herpesvirus (EEHV). Penyakit ini tidak terlalu berdampak pada gajah dewasa, tetapi sangat mematikan pada anak gajah berusia 1-10 tahun. Di Tangkahan, EEHV sudah merenggut nyawa anak gajah berusia 1,5 tahun bernama Tangka pada 2011, Namo (1,5 tahun) pada 2012, dan Amelia (3 tahun) pada 2015.

"Bayi pertama dari program konservasi Tangkahan adalah Tangka. Sangat imut. Saya bertemu Tangka saat ia 3 bulan, kemudian Namo saat berusia 6 hari, saat masih sangat rapuh. Kematian tiga anak gajah di sana sangat membuat patah hati," kata Nicholas. (JOG)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 25 Juni 2016, di halaman 32 dengan judul "Sayang Gajah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com