Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kutipan Positif Ratna Listy

Kompas.com - 28/06/2016, 20:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketika sedang berada dalam kondisi tak menyenangkan, orang biasanya lupa untuk bersikap positif. Namun, tak demikian bagi penyanyi Ratna Listy.

Ia memilih bertahan tak mengumbar rasa sakit, marah, kecewa, atau sedih yang ia rasakan di media sosial. Ia lebih suka merenungkan apa yang ia alami.

Cara itu ternyata lebih menenteramkan hatinya. Tak hanya itu, perenungan yang ia lakukan sejak tahun 2010 tersebut bahkan bisa membuat dirinya menulis kutipan menyejukkan hati dan menguatkan dirinya sendiri.

"Biasanya hasil renungan berupa kalimat pendek, aku tulis di telepon seluler, lalu aku simpan. Lama-lama jumlahnya banyak. Biar ingat terus, aku tulis di akun Facebook-ku," ujar ibu dua anak itu, akhir pekan lalu.

Tak disangka, kawan-kawan yang membaca kutipan itu menyambut baik. Tidak sedikit yang merasa dikuatkan oleh kata-kata Ratna.

Di antara mereka ada yang usul agar kutipan tersebut dibukukan.

"Semula aku enggak berani, tapi menurut Arif Gumantia, Ketua Majelis Sastra Madiun, kumpulan kutipan (yang Ratna tulis) bisa dibuat buku," urai perempuan asal Madiun, Jawa Timur, itu.

Kumpulan kutipan tersebut benar-benar diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama menjadi buku saku berjudul 100 Motivasi Ratna Listy.

Sejak awal Juni lalu buku itu sudah tersedia di toko buku. (TRI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 Juni 2016, di halaman 36 dengan judul "Kutipan Positif".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com