Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adegan Kejutan Bocor, Produser dan Sutradara "Rudy Habibie" Geram

Kompas.com - 05/07/2016, 07:56 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Adegan kejutan dalam film "Rudy Habibie" ternyata bocor di media sosial. Bahkan di beberapa tautan, film karya Hanung Bramantyo tersebut bisa disaksikan secara utuh.

Hal itu membuat sang produser, Manoj Punjabi, geram.

"Anda semua harus push ke pihak bioskop untuk lebih ketat menjaga produk film Indonesia. Mereka tidak sadar hanya untuk tweet ke artis di film itu. Tapi itu bisa jadi spoiler juga adegan yang tidak diketahui," kata Manoj dalam diskusi Pembajakan Film Indonesia di MD Building, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2016).

Kekesalan juga dirasakan oleh Hanung. Ia tidak mempermasalahkan jika beberapa penonton merekam secuplik adegan lalu mengunggah video tidak lebih dari 30 detik ke media sosial.

Namun yang beredar belakangan adalah keseluruhan film yang sudah dapat digolongkan sebagai pembajakan.

"Selama itu capturing video untuk menunjukkan nonton, enggak ada permasalahan. Terjadi kan merekam adegan dan bercerita. Itu buat saya spoiler. Yang mengagetkan selama 2 jam," jelas Hanung.

Manoj menambahkan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat kepada pemilik bioskop untuk memperketat pengawasan.

"Ini offensive, ini crime yah mutlak. Bagi saya dan kami menghimbau kepada teman-teman wartawan ada awareness. Ending film kita ada surprise. Saya sudah kirim surat jangan nyalakan lampu ketika ada bagian surprise," ujar Manoj lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com