Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe-X Siapkan Kejutan Ultah

Kompas.com - 05/07/2016, 10:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Tipe-X, yang mengusung irama musik ska yang membuat penggemar bersemangat, kini memasuki usia 21 tahun.

Kebersamaan selama puluhan tahun tentu merangkai ratusan cerita dan peristiwa bagi para personelnya. Untuk menandai usia itu, Tipe-X akan mengeluarkan buku dan album baru yang penuh kejutan.

Sebelumnya, Tipe-X telah meluncurkan tujuh album di antaranya SKA Phobia (1999), Super Suprise (2003), dan Seven (2012).

Tipe-X yang terbentuk pada September 1995 tetap bertahan dengan enam personelnya, Tresno (vokal), Micky (bas), Yoss, Billy (gitar), Ary (drum), dan Anto (trombon).

Untuk penerbitan buku biografi berjudul 1999, Tipe-X yang berada di bawah label Bahaya Records bekerja sama dengan carincara.com dengan cara crowdfunding.

Dengan penerbitan buku membutuhkan dana sebesar Rp 250 juta, Tipe-X menawarkan empat paket untuk para donatur.

Dari mulai paket "Pesta" untuk donasi sebesar Rp 80.000 dengan mendapatkan buku hard cover sampai paket "Pacar yang Baik" untuk donasi Rp 20 juta dengan mendapat konser privat di rumah.

"Kami mengisahkan seluruh perjalanan Tipe-X dari mulai awal terbentuk tahun 1995. Pokoknya, semua yang belum pernah diomongin di media massa kami tuangkan dalam buku. Bisa dibilang semua rahasia akan menjadi kejutan. Yah, seperti anak band lainnya, semuanya dibikin penasaran," ujar Billy, gitaris grup ini, di Jakarta, pekan lalu.

Buku dan album dijadwalkan akan diluncurkan pada September 2016.

"Albumnya, benang merahnya kebanyakan cintanya. Kami masih memilih beberapa single yang akan masuk dalam album," kata Billy. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 4 Juli 2016, di halaman 32 dengan judul "Siapkan Kejutan Ultah". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com