Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyanyian Sang Legenda Rimba

Kompas.com - 10/07/2016, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sudah hampir satu dasawarsa John Clayton III atau Tarzan meninggalkan Afrika dan hidup di London.

Sebuah undangan dari Raja Belgia Leopold II ke Kongo memanggilnya kembali ke tanah tempat masa lalunya bermula.

The Legend of Tarzan menyajikan kisah si manusia kera yang pulang ke "rumahnya".

Di sana Tarzan berhadapan dengan musuh lama, juga musuh baru, dan kembali membuktikan bahwa dirinya seorang legenda.

"Mereka menyanyikan legenda Tarzan. Bertahun-tahun dia dianggap roh jahat. Hantu di pepohonan. Mereka menceritakan kekuatannya atas hewan-hewan," kata Jane (Margot Robbie), istri Tarzan (Alexander Skarsgård), kepada George Washington Williams (Samuel L Jackson), seorang utusan Amerika, yang ikut bersama pasangan itu memenuhi undangan tersebut.

Nyanyian legenda itu dilantunkan para anggota suku tempat Jane dibesarkan dan memulai kehidupannya bersama Tarzan sebelum mereka kembali ke London.

Sebelum menuju Kongo, ingatan Tarzan melayang kembali saat dia ditinggal kedua orangtuanya dan dibesarkan keluarga gorila di tengah hutan.

Dalam setiap langkahnya, kenangan-kenangan masa lalu semakin deras membanjiri diri Tarzan.

Kebahagiaan Tarzan dan Jane karena kembali ke Afrika terenggut saat sekelompok tentara bayaran yang dikomando utusan Raja Belgia, Leon Rom (Christoph Waltz), tiba-tiba menyerang dan menangkap Tarzan, membakar perkampungan, membawa paksa anggota suku untuk dijadikan budak, dan menculik Jane.

Rom akan menyerahkan Tarzan kepada Kepala Suku Mbonga (Djimon Hounsou) yang memiliki dendam kesumat kepada Tarzan dengan imbalan berlian opar dalam jumlah besar.

Berlian itu digunakan untuk membayar puluhan ribu tentara bayaran untuk memperkuat kekuasaan Rom di Kongo.

Dengan bantuan Williams, Tarzan berhasil lolos.

Dari sini, dimulailah petualangan keduanya untuk menyelamatkan Jane sekaligus mengungkap rencana busuk Rom yang ingin menjadikan Kongo sebagai daerah jajahan terhebat di mata rajanya yang dilanda kebangkrutan di atas perbudakan.

Dalam The Legend of Tarzan, si manusia kera dalam dongeng ciptaan Edgar Rice Burroughs itu hadir dalam sosok gagah perkasa.

Dia menanggalkan setelan necis bangsawan Inggris, berganti kembali dengan celana rombeng dan bertelanjang dada, seperti wujudnya yang lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com