Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcel Chandrawinata Ajak Koki ke Luar Negeri

Kompas.com - 14/07/2016, 21:18 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan pembawa acara Marcel Chandrawinata (29) membuka usaha kuliner di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Untuk bisnis yang ia namai Commune Cafe & Bistro itu, ia bekerja sama dengan teman-temannya.

Untuk memperkaya cita rasa masakannya, Marcel tak segan-segan untuk mengajak para kokinya ke luar negeri untuk memperbarui menu restaurannya.Ia mengajak mereka ke Malaysia, Singapura, dan Jepang.

"Chef-nya harus sering diajak ke luar negeri. Untuk update makanan biar tahu aja," ujar Marcel ketika dijumpai di restorannya, Kamis (14/7/2016).

Adik Nadine Chandrawinata itu mengaku bisa mendatangi lima hingga enam restoran dalam sehari ketika berada di luar negeri.

"Dari situ dia (chef) tahu. Kalau di sini-di sini aja enggak berkembang. Soalnya kalau mau cicip restoran di dalam negeri mereka enggak mau buka resep. Kalau di luar lebih aware," kata dia.

Sudah empat tahun Marcel mengeluti bisnis tersebut. Sebelum berada di kawasan SCBD, restorannya berlokasi di di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Ia enggan mengungkap jumlah modal yang dia pakai untuk bisnis restoran ini. Namun ia mengakui saat ini bisnisnya sudah balik modal.

"Kalau di tahun keempat belum balik modal bahaya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com