Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Taslim Butuh 5 Jam untuk Berubah Wujud Menjadi Manas

Kompas.com - 19/07/2016, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Joe Taslim harus duduk manis selama lima jam agar bisa berubah wujud menjadi Manas, sosok alien menyeramkan dalam film Star Trek Beyond yang disutradarai Justin Lin. Proses berdandan dimulai sejak pagi buta.

"Duduk di kursi untuk dirias 4-5 jam setiap hari, sama seperti Idris Elba dan Sofia Boutella. Kami satu ruangan, sebelahan, " ujar Joe usai penayangan perdana Star Trek Beyond bagi pers, di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Joel Harlow, pemenang Oscar untuk kategori Tata Rias Terbaik, kerap turun langsung untuk mendandani Joe. Tata rias khusus ini tidak berupa topeng, melainkan delapan bagian yang ditempel menutupi kepala sang aktor.

[Baca: Manas, Karakter Joe Taslim dalam "Star Trek Beyond"]

Bagian-bagian itu dirancang agar sesuai dengan struktur wajahnya, seperti rahang, tulang pipi dan mata. Sehingga, "wajah Manas" bisa ikut berubah sesuai gerakan mimik wajah Joe.

"Semuanya mengikuti, jadi sangat natural, semuanya nyata," kata dia.

Terjebak dalam tata rias prostetik dengan lubang udara terbatas sempat membuat Joe mengalami klaustrofobia selama sepekan pertama.

"Cuma dua lubang, susah nafas," katanya.

Makeup prostetik dan kostum Manas memiliki bobot sekitar tujuh kilogram. Bobot itu bertambah berat ketika Joe bersimbah keringat dalam adegan laga berdurasi panjang.

"Pas basah bisa lebih dari delapan kilogram," imbuh dia.

Berperan sebagai alien merupakan tantangan bagi Joe yang diberi kebebasan untuk menginterpretasikan gerak-gerik karakter Manas.

"Saya beruntung bisa kerja sama dengan tim yang sangat percaya sama saya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com