Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta Datangi Penjiplak Slogan Produk "Fashion"-nya di Singapura

Kompas.com - 25/07/2016, 16:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembawa acara Daniel Mananta (34) mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu ia pernah sampai terbang ke Singapura demi menghentikan penjiplakan slogan "DAMN I Love Indonesia" dari produk fashion-nya.

"Saya sempet lihat baju kaus tulisannya 'Damn I Love Singapore' di daerah patung Merlion. Terus, kami datangi ke sana dan kasih lihat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) produk saya," kata Daniel dalam acara peluncuran The Big Start Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2016).

Lanjut Daniel, seusai ia memperlihatkan sertifikat tersebut, pihak yang membuat dan menjual t-shirt di Singapura itu menyatakan tak akan memproduksinya lagi.

"Mereka bilang, 'Ok, kami enggak produksi lagi'. Jadi, backing luar biasa kami dapatkan dari Ditjen (Direktorat Jenderal) HKI kalau udah didaftarkan," ucap Daniel.

Ia mengisahkan hal tersebut untuk menyadarkan masyarakat, terutama para pengusaha industri kreatif, untuk melindungi produk mereka sedari awal.

"Gue pengin ceritain apa pentingnya mendapatkan sertifikat HKI. Kalau produk kita dibajak dan kita punya sertifikat HKI, maka kita punya power," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com