Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Makna di Balik Munculnya Soeharto dalam Film "3 Srikandi"

Kompas.com - 28/07/2016, 13:44 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Presiden ke-2 RI Soeharto ditampilkan dalam 3 Srikandi. Film itu mengisahkan perjuangan tiga atlet Indonesia di Olimpiade Seoul pada tahun 1988.

Sutradara Iman Brotoseno mengungkapkan alasannya menampilkan sosok Soeharto dalam dalam film yang dibintangi Bunga Citra Lestari, Tara Basro, dan Chelsea Islan tersebut.

Salah satunya adegan pelepasan kontingen Indonesia ke Seoul dalam upacara penyambutan di Istana Negara.

"Ini sebagai sindirian, katanya olahraga di zaman Pak Soeharto lebih maju dan diperhatikan," ujar Iman usai pemutaran film tersebut di CGV Blitz, Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

"Atlet dulu itu dilepas beliau dengan upacara yang proper," sambung dia.

Iman berbicara tersebut karena dia mengambil referensi dari para pelaku sejarah yang pernah terlibat kala itu. Menurut dia, para atlet era tersebut sangat dihargai prestasinya.

"Ada penghargaan yang luar biasa terhadap atlet. Kalau saya dengar testimoni dari pelaku sejarah seperti itu," kata Iman.

 

"Saya dapat cerita ketika berangkat ke Seoul, di Istana, (tim) panahan terpinggirkan karena tidak terkenal. Yang lebih diajak ngomong atlet cabang populer. Tapi justru dari cabang panahan yang meraih medali," kata dia.

Film 3 Srikandi mengisahkan perjuangan tiga atlet panahan Indonesia hingga mereka berhasil merebut medali perak di Olimpiade Seoul.

Prestasi yang dicetak Nurfitriyana, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani, itu mencatat sejarah karena medali perak itu merupakan medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade.

Film 3 Srikandi dijadwalkan akan dirilis pada 4 Agustus 2016, sehari sebelum pembukaan Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com