Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Dewanto Latihan Militer

Kompas.com - 28/07/2016, 23:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi memerankan karakter pemimpin pasukan TNI Angkatan Darat, aktor Rio Dewanto (28) harus mengikuti pelatihan militer selama lima hari bersama sekitar 25 anggota TNI AD di kamp Batalyon 328 Cilodong, Depok, Jawa Barat.

"Gila, tiap hari lari tiga kali minimal 5-10 kilometer. Makan nasi sebakul dihitung cuma 3 detik. Menelannya didorong pakai minuman. Betul-betul enggak dibedain, deh, sama anggota pasukan yang lain," kata Rio, di Jakarta, Selasa (26/7).

Ia juga mesti memanggul ransel, membawa senjata, dan mengenakan helm. Berat semua peralatan itu sekitar 15 kilogram. "Lumayan juga, setiap pagi dibangunkan dengan suara tembakan. Lalu tiarap, membayangkan barak tiba-tiba dikepung musuh," ujar suami aktris Atiqah Hasiholan itu.

Latihan militer diikuti Rio tidak hanya untuk mendapatkan jiwa korsa TNI, tetapi juga agar kulitnya kelihatan hitam mirip tentara. Ini sebagai persiapan Rio untuk memerankan Kapten Satria, seorang pemimpin pasukan, dalam film Garuda 23 arahan sutradara Benny Setiawan.

Film ini menceritakan pasukan Indonesia yang dikirim sebagai pasukan perdamaian ke Lebanon.

Shooting film akan digelar mulai pekan ini dengan lokasi di sekitar Jakarta, Bogor, dan Bandung. Ada pula sesi shooting di Lebanon selama beberapa pekan. (OSA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 Juli 2016, di halaman 32 dengan judul "Latihan Militer".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com