Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Langka Masih Diburu, Nadine Chandrawinata Sedih

Kompas.com - 30/07/2016, 13:13 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nadine Chandrawinata merasa sedih ketika mengetahui bahwa pemburuan hewan langka masih terjadi di Indonesia.

"Stres sih waktu lihat penurunan populasi harimau, begitu juga badak, begitu juga perburuan ekstrem yang sekarang," ujar Nadine saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2016).

Menurut Nadine, seharusnya manusia turut memelihara kelestarian hewan di hutan. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

"Keadaan ini miris gitu, karena seharusnya kita itu bangga karena di Indonesia itu ada semuanya, tapi kok malah kita sendiri yang ngehancurin," katanya.

Pasalnya, hewan tentu berbeda dengan manusia. Hewan tak bisa mengungkap apa yang mereka rasakan. Mereka hanya bisa mengandalkan insting.

"Harusnya kita yang menjaga bagi hewan-hewan yang enggak bisa bersuara seperti kita, yang enggak bisa menunjukkan perasaan seperti kita," jelasnya.

"Yang mereka tahu itu melindungi diri sendiri dengan menyerang, atau ya hanya mereka mencari makan dan melindungi keluarganya sendiri. Jadi ya, dengan penurunan harimau ya, sudahlah kita lakukan sesuatu, tunjukkin bahwa kita peduli dengan hewan kita sendiri," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com