Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mieke Wijaya Takjub Saksikan Hasil Restorasi "Tiga Dara"

Kompas.com - 04/08/2016, 11:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris senior Mieke Wijaya (76) merasa takjub menyaksikan hasil restorasi film Tiga Dara. Mieke adalah Nana, anak kedua dari tiga dara dalam film besutan Usmar Ismail pada tahun 1956 itu.

"Saya seneng ternyata pemutarannya bagus. Seneng karena itukan sudah 60 tahun lalu. Kayak masih baru dulu. Bagus banget," kata Mieke usai gala premiere film Tiga Dara hasil restorasi di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016) malam

Wikipedia Salah satu adegan dalam film musikal Tiga Dara yand dibintangi oleh (dari kiri) Indriati Iskak, Chitra Dewi, dan Mieke Widjaja. Film ini sudah selesai direstorasi dan akan diputar kembali dengan kualitas yang lebih bagus.
"Ini kesempatan yang dulu kecil-kecil, sekarang bisa lihat. Cucu-cucu saya jadi bisa lihat," tambahnya.

Ia juga seketika terkenang masa-masa shooting film Tiga Dara bersama dua bintang utama lainnya, Chitra Dewi dan Indriati Iskak.

Kala itu, Mieke masih berusia 16 tahun dan Tiga Dara adalah filmnya yang ke-5.

"Itu suara saya sendiri. Lihat badan saya masih langsing. Hehehe. Sekarang udah langsung. Udah lama enggak ketemu Indriati juga," ujarnya.

Mieke juga bercerita tentang kejadian lucu yang terjadi saat ia beradegan dengan mendiang aktor Rendra Karno.

"Ada tuh, waktu kami nyanyi berdua Mas Rendra. Duduk di bangku. Rupanya Pak Usmar mau saya dicium. Saya kan enggak mau adegan cium. Jadi Mas Rendra maju, saya mundur. Mundur-mundur, akhirnya kejengkang. Hahaha," kata Mieke.

Film ini menceritakan tentang tiga saudara perempuan, yaitu Nunung (Chitra Dewi), Nana (Mieke Wijaya), dan Neni (Indriati lskak).

Sepeninggal ibu mereka, ketiganya hidup bersama ayah mereka, Sukandar (Hassan Sanusi), dan nenek mereka (Fifi Young) di Jakarta.

Nenek mereka selalu berusaha mencarikan jodoh untuk sang anak sulung.

Hingga suatu ketika, ketiganya dilanda asmara di saat yang bersamaan, terjadilah kekacauan di antara mereka.

Tiga Dara bertahan selama delapan pekan di bioskop dan menjadi film terlaris pada masanya.

Film itu juga mendapat penghargaan Piala Citra untuk kategori Tata Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia (FFI) 1960.

Film Tiga Dara menjadi film Indonesia pertama yang direstorasi ke format 4K dan mulai ditayangkan kembali di bioskop Tanah Air pada 11 Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com