Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vidi Aldiano Berteman dengan ODHA

Kompas.com - 05/08/2016, 12:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Vidi Aldiano (26) bercerita bahwa ia berteman dengan orang-orang dengan HIV/AIDS (ODHA) ketika ia berkuliah di luar negeri, sebelum ia ditunjuk sebagai duta kampanye penyadaran tentang HIV/AIDS untuk Indonesia.

Vidi mengaku mendapat banyak informasi dan pengetahuan dari mereka, jauh sebelum ia menjadi duta kampanye itu.

"Dimulai dari saat kuliah di US (Amerika Serikat) dan UK (Inggris), temen-temen gue kayak banyak ngasih info soal AIDS. Terus, waktu gue sekolah musik, juga enggak ngira ternyata teman-teman sekelas, mereka itu ODHA," kata Vidi dalam sebuah seminar di SMA Negeri 70 Jakarta, di hadapan para pelajar, Kamis (4/8/2016).

Cerita Vidi pula, selama belajar dan jalan bareng teman-temannya yang merupakan ODHA itu, ia tak melihat mereka seperti orang-orang sakit.

"Mereka terlihat semangat dan berkarya tanpa batas. Enggak didiskriminasi. Beda halnya saat gue melihat di Indonesia, mereka (ODHA) justru punya tekanan dari orang-orang sekitar, padahal mereka harusnya bisa berkarya dengan bebas," katanya lagi.

Sejak saat itu Vidi, yang berteman dengan ODHA, mengambil langkah untuk menjadi bagian dari kampanye penyadaran tentang HIV/AIDS di kalangan remaja.

"Dari situ, sejak akhir 2014, gue jadi duta AIDS. Fungsi gue di sini enggak mau kayak guru atau apa, tapi cuma mau berbagi cerita pengalaman orang-orang yang kena AIDS. Karena, korbannya banyak banget, dari yang seumuran, bahkan lebih muda dari kita juga ada. Makanya, gue pengin teman-teman sadar HIV/AIDS dari awal banget," jelasnya.

"Yang penting, bukan cuma tahu, tapi sadar kalau HIV/AIDS itu penting untuk disadari," ucap Vidi, yang mencipta lagu "Membiasakan Cinta" sebagai bagian dari kampanye kesadaran mengenai HIV/AIDS lewat musik Indonesia. (Ali Sobri)

Baca juga artikel aslinya di hai-online.com dengan judul "Vidi Aldiano Sempat Kaget Berteman dengan ODHA".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com