Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Melayu Festival 2016 Digelar di Ancol Beach City

Kompas.com - 10/08/2016, 18:13 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Melayu Festival (JMF) akan digelar untuk kali kelima. Tahun ini acara tersebut akan dilangsungkan di Ancol Beach City, Jakarta Utara, pada 20 Agustus 2016.

"JMF 2016 ini yang kelima kalinya. Kenapa kami buat di pantai? Karena Melayu itu berada di pesisir," ujar produser acara, Geisz Chalifah, dalam jumpa pers di rumah makan Pempekita, di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Rabu (10/8/2016).

Geisz mengatakan, pergelaran JMF kali ini mengusung tema "71 Tahun Daulat Negeri". Festival ini juga dalam rangka peringatan HUT ke-71 RI.

Ia menambahkan acara ini akan digratiskan karena panitia ingin memperkenalkan budaya Melayu kepada masyarakat.

"Ini sekaligus untuk mensosialisasikan budaya kita," ucapnya.

Ada perbedaan konsep untuk JMF kali ini dari tahun sebelumnya. Menurut Geisz, konsep akan menyerupai acara seperti Java Jazz dari segi tampilan.

"Kami banyak berimprovisasi. Lebih banyak nge-jam, jadi kemampuan individual dari masing-masing musisi akan kami tampilkan dengan format Melayu," ucapnya.

"Ini kan menunjukkan bahwa Melayu bisa diterima oleh generasi muda, bisa diterina orang muda tanpa kehilangan orisinalitasnya," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com