Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fragmen Emosi Joe Taslim

Kompas.com - 14/08/2016, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Johannes Taslim atau Joe Taslim (35) membuktikan tak pernah ada kata terlambat dalam hidup. Baru lima tahun menapaki karier di dunia perfilman, namanya sudah melambung.

Bertolak dari film The Raid: Redemption (2011), namanya dikenal di kancah internasional, sebelum kemudian bermain peran di Hollywood dalam "Fast & Furious 6" (2013) dan yang terbaru film Star Trek Beyond (2016).

Ditemui setelah acara nonton bareng Star Trek Beyond di Jakarta, Joe menyebut keberhasilannya adalah keberuntungan.

"Ini film legendaris dan saya bangga. Aktor Indonesia keren-keren, mungkin saya lebih beruntung. Masih banyak yang harus saya kembangkan, harus saya buktikan. Karier saya ada dua: di Indonesia dan Hollywood. Harus seimbang," ujar Joe yang juga duta merek produk perawatan kulit Garnier Men.

Star Trek Beyond membawanya bekerja keras menekuni proses shooting selama lebih kurang empat bulan di Los Angeles, Amerika Serikat, dan sepekan di Kanada.

Seorang diri jauh dari keluarga, ia sering kali hanya tidur dua jam setiap hari.

Pukul 02.00 dini hari, Joe sudah dijemput untuk melakoni peran sebagai Manas, musuh Kapten James T Kirk yang diperankan Chris Pine.

Sebagai Manas, Joe yang biasanya tak bisa diam harus rela duduk hingga empat jam ketika dirias tim special effect. Wajahnya yang ganteng segera tertutup topeng superberat. "Sebelum kerja, sudah penuh tantangan saat prosesnya. Ngantuk, capek, dan jet lag. Belum lagi, pada saat memainkan karakter harus berhadapan dengan aktor besar. Siapalah saya ini?" kata Joe.

Kecintaan pada akting membuatnya terlecut untuk bersungguh-sungguh.

Sebagai aktor, Joe sadar bahwa dia tidak akan dilirik sebelum memberikan semangat serta talenta.

"Walau saya nobody, pada saat main saya beri yang terbaik. Totalitas sebagai aktor, totalitas sebagai a good human being. Saya bawa budaya Indonesia dan hormat kepada siapa pun. Saya mainkan karakter sebaik mungkin. Jika bekerja yang terbaik, respect itu akan ada," ujarnya.

Persentuhan Joe dengan Hollywood dimulai dari totalitasnya ketika berakting sebagai Sersan Jaka dalam The Raid: Redemption.

Sutradara Star Trek Beyond, Justin Lin, ternyata sempat menonton dan berujar kepada dirinya sendiri, "Suatu saat, saya harus main bareng dia (Joe)".

Kesempatan bagi Joe untuk bekerja sama dengan Justin kemudian dimulai dalam Fast & Furious 6 sebelum berlanjut di Star Trek Beyond.

Justin, menurut Joe, tertarik kepada kemampuan aktingnya ketika memerankan Sersan Jaka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com