Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Ajaib Rizal Mantovani

Kompas.com - 24/08/2016, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Rizal Mantovani (49) terlibat dalam film Trinity, The Nekad Traveler. Pengambilan gambar film itu berlangsung di beberapa kota di tiga negara.

Di Indonesia, shooting berlokasi, antara lain, di Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Makassar. Lokasi lainnya adalah di Filipina dan Maladewa.

"Saya ingin semua legal. Artinya, surat-surat dan perizinan harus ada. Saya tak mau shooting sembunyi-sembunyi atau sudah masuk ke suatu negara, tiba-tiba kamera ditahan sehingga shooting pun tertunda," kata Rizal, Senin (15/8/2016), di Jakarta.

Sebelum pengambilan gambar, produser dan Rizal melakukan riset serta mengunjungi lokasi.

"Biayanya tak murah dan waktunya juga tak sebentar, tetapi saya belum boleh menyebutkan lokasi persis shooting kami," ujarnya serius.

Dia mengaku lebih antusias shooting di Indonesia karena negeri ini jauh lebih indah ketimbang negara-negara lain.

Dia menyarankan, jika ke suatu daerah, harus tahu kapan waktu yang tepat karena waktu ajaib tidak terjadi sepanjang hari.

"Di NTT, misalnya, magic hour terjadi setelah pukul 16.00 hingga menjelang matahari terbenam. Siang matahari begitu menyengat. Biasanya orang malah pulang setelah pukul 16.00. Jangan, jangan pulang, saat itu magic hour baru mulai. Panoramanya luar biasa, bak bumi dan langit dengan saat tengah hari," ujar Rizal. (TIA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 24 Agustus 2016, di halaman 32 dengan judul "Waktu Ajaib".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com