Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mathias Muchus Promosi Wisata

Kompas.com - 06/09/2016, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film memiliki kekuatan besar untuk menjadi alat promosi wisata.

Aktor Mathias Muchus (59) berharap, film Kalam-Kalam Langit yang ia bintangi bisa membujuk warga Malaysia untuk pergi berlibur ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi latar film tersebut.

Film Kalam-Kalam Langit yang diproduksi Putaar Film Productions dan disutradarai Tarmizi Abka ini akan ditayangkan di Malaysia mulai 15 September setelah lebih dulu diputar di Indonesia pada April.

Karena itu, beberapa pemain film itu, termasuk Mathias, ikut hadir di Kuala Lumpur, Malaysia, saat Kementerian Pariwisata menggelar Street Art Festival dan mengikuti ajang pameran wisata Matta Fair, awal September ini.

"Semoga film ini bisa seperti film Laskar Pelangi yang bisa mengangkat wisata di Belitung," kata Mathias, Jumat (2/9/2016), di Kuala Lumpur.

Ia juga berharap supaya pemerintah daerah di Lombok bisa segera menangkap peluang ini.

Ketika bertemu para pelaku industri pariwisata di ajang Matta Fair, Mathias mengusulkan supaya Indonesia dan Malaysia bekerja sama membuat film dengan mengambil lokasi di kedua negara itu.

"Masih banyak keindahan alam di Indonesia ini yang bisa digunakan untuk shooting film, terutama di daerah Indonesia timur," katanya. (DEN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 6 September 2016, di halaman 32 dengan judul "Promosi Wisata".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com