Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maya Hasan Menggetarkan Solo

Kompas.com - 10/09/2016, 16:04 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Maya Hasan menggetarkan dawai-dawai harpanya dalam perhelatan Solo International Performing Arts di Benteng Vastenberg, Solo, Kamis (8/9) malam. Ia mengenakan atasan berupa kebaya merah dengan bagian-bagian tertentu yang transparan. Bawahan berupa kain dengan belahan yang membuatnya leluasa bergerak.

"Aku cinta Solo. Busana yang aku pakai ini rancangan Mas Djoko Boedi Santoso dari Solo," kata Maya di atas panggung.

Tiga minggu sebelum tampil, Maya ke Solo dan bertemu perancang busana yang menurut dia cocok dengan konsep yang ia inginkan. "Aku ingin yang napasnya ada Solo-nya. Modern, tetapi Jawa-nya kental banget," katanya.

Maya mendentingkan sejumlah lagu, termasuk "Paris Barantai", "Cintaku", dan lagu karya sendiri berjudul "Rising Sun" yang pernah ia mainkan di Davos, Swiss. Ia juga berkolaborasi dengan musisi Solo, Mutiara Dewi. Ia memilih Dewi karena ingin menampilkan wajah perempuan Jawa. "Saya ingin menunjukkan, ini lho perempuan Solo. Dewi bisa menyinden dan memainkan kendang."

Di hajatan berlabel internasional, Maya juga ingin menunjukkan keindonesiaan lewat warna. Jika Maya mengenakan kebaya merah, Dewi memakai kebaya putih. "Pokoknya Indonesia banget. Itu yang ingin aku angkat...," kata Maya. (XAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 10 September 2016, di halaman 32 dengan judul "Menggetarkan Solo".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com