Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siti Liza Terima Gelar Kehormatan dari Kerajaan di Kalimantan Barat

Kompas.com - 11/09/2016, 08:18 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SANGGAU, KOMPAS.com -- Penyanyi pop Melayu Siti Liza (28) menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Surya Negara di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pada Jumat lalu (9/9/2016).

Gadis kelahiran Padang bernama lengkap Resrilliza ini dianugerahi gelar Putri Nirmala Kesuma Surya Negara dalam prosesi penobatan pemberian gelar kehormatan tersebut.

Secara harafiah, gelar yang disematkan itu memiliki arti putri dari Istana Surya Negara yang memiliki suara merdu.

Pemberian gelar tersebut merupakan salah satu tradisi dalam lingkungan Kerajaan Surya Negara yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Sejatinya gelar itu akan disematkan langsung oleh Raja Surya Negara, Pangeran Ratu Gusti Arman.

Namun, karena ia sedang menghadiri undangan dari Kerajaan Brunei Darussalam, gelar itu disematkan oleh istrinya, Ratu Suri Sri Rahmawati Surya Negara, di keraton.

"Pemberian gelar ini ada dua macam, yaitu pemberian gelar kebangsawanan dan pemberian gelar kehormatan seperti yang dianugerahkan kepada Siti Liza," jelas Ratu Suri.

Pemberian gelar tersebut, kata Ratu, bermakna bahwa orang yang diberi gelar itu diangkat atau dirangkul sebagai kerabat istana.

Harapannya, orang yang menerima gelar tersebut bisa turut mengharumkan nama Istana Surya Negara di manapun ia berada.

Usai penganugerahan gelar itu, Siti Liza menghibur penduduk Kota Sanggau yang memadati halaman istana tersebut.

“Alhamdulillah, malam hari ini saya merasa bahagia karena dinobatkan sebagai keluarga kerajaan," tutur Siti.

"Terima kasih sudah mempercayai saya sebagai putri. Semoga saya bisa belajar budaya-budaya di Sanggau ini dan akan mengharumkan nama baik kerajaan ini, karena saya juga sudah menjadi bagian kerabat kerajaan" tuturnya lagi.

Hiburan tersebut disajikan dalam rangkaian acara penutupan Festival Faradje Pasaka Negeri, yang diselenggarakan pada 5-9 September 2016.

Faradje Pasaka Negeri merupakan tradisi bersih kota yang bertujuan menjauhkan segala macam bahaya dan bencana dari masyarakat Melayu di Kabupaten Sanggau.

Festival Faradje Pasaka Negeri, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata, juga menjadi salah satu daya tarik wisata budaya terkait Wonderful Indonesia, tema promosi Indonesia di mancanegara.

Puluhan tamu kerajaan dari Malaysia dan Brunei Darussalam juga turut hadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com