Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Filipina Dinobatkan Jadi yang Terbaik di Festival Film Venice

Kompas.com - 11/09/2016, 10:21 WIB

VENICE, KOMPAS.com - Film Filipina Ang Babaeng Humayo (The Woman Who Left) dinobatkan sebagai film terbaik dalam Festival Film Venice, Venice Lido, Italia, Sabtu (20/9/2016).

Film karya sutradara Lav Diaz itu berkisah tentang seorang perempuan menyimpan dendam dan perasaannya tentang memberi maaf.

Diaz mengatakan, film itu merupakan gambaran perjuangan Filipina setelah berabad-abad dijajah.

"Penghargaan ini untuk negaraku, rakyat Filipina, perjuangan kami, dan perjuangan atas kemanusiaan," kata sutradara berusia 57 tahun itu ketika menerima piala Golden Lion.

Ang Babaeng Humayo dibuat dalam format hitam putih dan berdurasi hampir empat jam.

Gelar terbaik kedua diberikan kepada Nocturnal Animals, karya sutradara Tom Ford. Ini merupakan film kedua desainer ternama tersebut.

Kevork Djansezian/Getty Images/AFP Aktris Emma Stone menghadiri acara Hollywood Unites for the 5th Biennial Stand Up To Cancer (SU2C), A Program of The Entertainment Industry Foundation (EIF) di Walt Disney Concert Hall, Los Angeles, California, Jumat (9/9/2016).
Salah satu juri, sutradara Sam Mendes, menilai film-film terbaik itu menjadi contoh karya sutradara yang memiliki visi orisinal, berani, dan identitas murni.

"Karya-karya itu mengeluarkan saya dari zona nyaman," ujar sutradara dua film James Bond, yakni Skyfall dan Spectre itu.

Sementara itu penghargaan untuk sutradara terbaik diberikan kepada Andrei Konchalovsky (Rusia) atas karyanya Rai (Paradise) dan sutradara Meksiko Amat Escalante dengan karyannya La Region Salvaje (The Untamed).

Aktris AS Emma Stone meraih gelar aktris terbaik berkat aktingnya dalam film La La Land. Sedangkan aktor Argentina Oscar Martinez dinobatkan sebagai aktor terbaik atas aktingnya dalam film drama komedi El Ciudanado Ilustre (The Distinguished Citizen).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com