Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bayi" Model Sampul Album Nirvana Ulang Sesi Pemotretan

Kompas.com - 28/09/2016, 19:50 WIB
Irfan Maullana

Penulis

Sumber nypost.com

NEW YORK, KOMPAS.com — Bayi yang difoto tanpa pakaian di dalam air untuk sampul album Nevermind grup band Nirvana kembali melakukan sesi pemotretan dalam rangka merayakan 25 tahun gambar legendaris tersebut.

Namun, untuk kali ini, sang "bayi" mengenakan celana.

Kepada The Post, Spencer Elden (25), yang dulu masih bayi saat diabadikan, sengaja mengulang sesi pemotretan setelah dia dewasa untuk memberi penghormatan kepada band grunge legendaris itu.

"Saya berbicara dengan fotografer, 'Ayo kita lakukan dengan bertelanjang'. Namun, rasanya akan aneh (kalau bertelanjang). Jadi, saya memutuskan untuk mengenakan celana renang," kata lelaki yang kini berprofesi sebagai artis dari Los Angeles itu.

John Chapple / www.JohnChapple.com Spencer Elden kini sudah berusia 25 tahun. Dulu dia dikenal sebagai bayi yang menjadi model pada sampul album Nevermind milik grup band legendaris Nirvana.

Album Nevermind dirilis 25 tahun lalu. Dengan materi lagu "Smells Like Teen Spirit" dan "Come as You Are", album ini terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

"Perayaan (25 tahun album ini) punya makna tertentu bagi diri saya. Rasanya cukup aneh. Saya melakukannya (sesi foto di dalam air) selama lima menit ketika saya baru berusia empat bulan dan ternyata hasilnya menjadi gambar yang sangat ikonik," kata Elden.

"Ini keren, tetapi aneh karena bisa menjadi bagian penting dan saya tidak pernah mengingatnya," kata pria yang mengaku lebih suka dengan dengan band punk, The Clash, daripada Nirvana ini.

Merujuk pada informasi yang dihimpun majalah Time, pada 1991 lalu, fotografer Kirk Weddle meminta izin kepada orangtua Elden untuk menjadikan Elden sebagai model dalam sesi pemotretan band yang belum dikenal. Sesudahnya, kail dengan umpan uang dollar AS ditambahkan melalui rekayasa digital.

Untuk sesi pemotretan selama 15 detik itu, orangtua Elden hanya menerima komisi sebesar 200 dollar AS. Ini diketahui setelah ayah Elden berbincang dengan NPR pada 2008 lalu.

Setelah 25 tahun berselang, kepada The Post, fotografer John Chapple juga memberi komisi 200 dollar AS kepada Elden untuk melakukan hal yang sama seperti ketika ia masih berusia empat bulan.

Elden lantas menceburkan diri ke kolam renang di The Rose Bowl Aquatics Center di Pasadena untuk membuat ulang foto seperti pada sampul album Nevermind.

Sebelumnya, Elden pernah melakukan hal yang sama pada 10 tahun lalu untuk merayakan 15 tahun peluncuran Nevermind.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com