Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alston Stephanus, "Cosplayer" Indonesia yang Melejit di AS

Kompas.com - 01/10/2016, 19:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setahun lalu, kostum buatan cosplayer asal Indonesia Alston Stephanus lolos seleksi dalam Disney D23 Expo 2015 di Anaheim, California, AS.

Kostum yang diberi nama Mega R2 itu merupakan perpaduan karakter R2-D2 dari Star Wars dan Megaman berbentuk helm dan lengan bazoka. Pihak Disney memilihnya untuk dikenakan di catwalk oleh model Tank Tana Karo.

"Jadi Mega R2 namanya. Aku suka mash-up sama antar karakter. Mega-R2 lebih ke elektronic robotic. Soalnya aku kalau robotic enggak terlalu bagus. Tapi helm aku bisa bergerak," ujar Alston di sela perhelatan Indonesia Comic Con 2016 di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/10/2016).

Tak cuma itu, Alston menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mengikuti San Diego Comic Con (SDCC) pada 2014 lalu.

"Bangga, orang kalau lihat cosplay pasti dari Jepang atau China. Now, European, American. Tapi enggak ada yang Indonesian. Padahal di sini ada banyak cosplayer yang bagus-bagus. Tapi enggak pernah di-publish," katanya.

"Di situ aku doang sih setahu aku yang bawa nama Indonesia. Aku enggak ketemu orang Indonesia di situ. Saya bangga jadi orang Indonesia karena detail banget cosplay-nya, enggak kayak di luar. I think we should be notice by the world," tambah Alston.

Pada SDCC 2014 itulah pemilik Alston Stephanus Accessories ini melakukan debutnya sebagai cosplayer. Saat itu, ia mengenakan kostum karakter Captain Uchigaya.

"Dapat surprise tiket dari temen SDCC 2014. Aku enggak tahu Comic Con itu kayak gimana. Pertama kali diajak sama temen, nervous banget. Very intimidating soalnya pertama kali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com