Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Tilda Swinton, Sutradara "Doctor Strange" Lakukan Hal Tak Biasa

Kompas.com - 15/10/2016, 10:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com -- Sutradara film Doctor Strange, Scott Derrickson, mengungkapkan bahwa ia melakukan hal yang tak biasa demi aktris asal Inggris Tilda Swinton.

Swinton diketahui memerani karakter Ancient One, mentor Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) di perguruan Kamar-Taj.

"Saat saya memikirkan nama Tilda, bagaikan, 'Aaah, yeah!' Untuk kali pertama, saya ambil naskah dan menulis ulang karakter khusus untuk seorang artis peran," katanya dalam wawancara berkelompok di The Ritz-Carlton, Kowloon, Hongkong, pada Kamis (13/10/2016).

"Saya tak pernah melakukan hal itu sebelumnya. Tilda tak tahu tentang itu. Saya melakukannya bahkan tanpa sepengetahuan Kevin Feige (Presiden Marvel Studios). Ha ha ha," katanya lagi.

Sutradara yang dikenal lewat filmnya The Exorcism of Emily Rose ini kemudian membawa naskah yang karakter Ancient One-nya sudah ditulisnya ulang ke ruang Feige.

"Saya ingat, saya bawa naskah itu, saya bilang, 'Ini penulisan ulang untuk karakter Ancient One dan ini untuk Tilda Swinton. Harus dia. Jika bukan dia, saya akan tulis ulang seluruh naskah'," ceritanya.

Mengapa Derrickson begitu menginginkan Swinton memerani karakter yang diubahnya menjadi perempuan itu?

"Saya harus memikirkan artis peran yang spesifik yang bisa membawa kebesaran Ancient One keluar dari komik. Tilda bisa membawakan kerumitan karakter Ancient One," jelasnya.

"Banyak yang mengkritik karena saya tak melibatkan perempuan Asia untuk berperan. Namun, tiap kali saya mengerjakan naskah dan menulis untuk artis peran Asia, saya selalu menulis tentang dragon lady. Saya tak bisa menemukannya. Di komik, karakter Ancient One itu bersifat magical, mistis, mentor penuh rahasia, itulah ceritanya," jelasnya lagi.

Film Doctor Strange berkisah tentang dokter ahli bedah terkemuka bernama Stephen Strange.

Berawal dari sebuah kecelakaan mobil, ia kemudian berubah menjadi pahlawan super usai berguru di Kamar-Taj.

Doctor Strange, yang merupakan produksi Marvel Studios, akan diputar mulai 4 November 2016 di jaringan gedung bioskop Amerika Serikat.

Sebelumnya, film tersebut akan diputar untuk kali pertama di Hongkong pada 27 Oktober 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com