Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reda Gaudiamo Berbagi Karya Sastra

Kompas.com - 16/10/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Reda Gaudiamo (54) sangat terkesan dengan semakin banyaknya anak muda yang mencintai dunia sastra.

Perkembangan sastra melesat berkat kemajuan teknologi, terutama semangat berbagi.

"Banyak yang bersedia berbagi karyanya lewat internet, sosial media, dan menyebarkannya secara kontinu tanpa lelah. Misalnya, lewat Youtube," katanya.

Reda, yang dikenal lewat duo AriReda bersama Ari Malibu, mengatakan, musikalisasi puisi yang mereka mulai tahun 1987-1988 sempat tak terdengar pada era 1980-an.

Namun, begitu internet muncul, lagu-lagu mereka tersebar dan ditangkap generasi muda.

Karya musikalisasi puisi yang terkenal, antara lain, dari puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono.

"Dan, mereka suka. Ini sangat membahagiakan karena kami melihat gerakan cinta karya sastra. Sahabat AriReda sekarang 90 persen berusia 30 tahun ke bawah," kata penggemar karya-karya cerita pendek sastrawan AA Navis dan kumpulan cerita Orang-orang Bloomington karya Budi Darma ini.

Kini, lanjut Reda, tinggal mendorong anak-anak muda ini membuat karya-karya sendiri dengan bahasa Indonesia yang tak hanya indah, tetapi juga baik dan benar. (FRO)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 16 Oktober 2016, di halaman 16 dengan judul "Berbagi Karya Sastra".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com