Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Angin Segar Hiburan Televisi

Kompas.com - 16/10/2016, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Panasonic Gobel Awards menghadirkan kesegaran baru pada pergelarannya yang memasuki tahun ke-19.

Tak sekadar membagikan piala dengan mengandalkan voting penonton, Panasonic Gobel Awards 2016 juga menghadirkan kategori baru dengan melibatkan kerja dewan juri.

Mengusung tema "Kebanggaan Indonesia", Panasonic Gobel Awards ingin benar-benar menghadirkan televisi sebagai kebanggaan bangsa.

Kategori baru yang dihadirkan pada malam penghargaan pada Jumat (14/10/2016) di XXI Djakarta Theater adalah nominasi insan pertelevisian terbaik yang untuk pertama kalinya dihadirkan setelah 19 tahun penyelenggaraan.

Dewan juri yang dilibatkan dalam pemilihan terdiri dari Rhenald Kasali, Erwin Parengkuan, Ferdi Hasan, Maudy Koesnaedi, Frans Sartono, Olga Lydia, dan Wendy Sofyan dengan nominasi: Andre Taulany, Andy F Noya, Chelsea Islan, Dude Harlino, dan Najwa Shihab.

Dengan sistem skor, dewan juri akhirnya memilih Najwa Shihab sebagai insan pertelevisian terbaik.

Najwa yang hadir sejak awal acara segera naik panggung bersama Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Yuliandre Darwis, Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia Jusman Syafii Djamal, dan Ketua Penyelenggara Panasonic Gobel Awards (PGA) 2016 Rama Datau.

Najwa tampak terharu dengan suara bergetar ketika menerima piala.

"Saya teringat beberapa waktu lalu ada survei: 92 persen penduduk Indonesia mendapat informasi dan hiburan terutama dari televisi. Industri kita ini industri yang luar biasa berpengaruh. Apa pun yang kita tampilkan di depan layar akan membawa dampak besar atau kecil pada wajah dan kepribadian negeri. Penghargaan ini, insan pertelevisian terbaik, akan selalu menjadi pengingat bahwa ini adalah tanggung jawab dan kebanggaan profesi yang tidak boleh dianggap enteng," tutur Najwa.

Program Mata Najwa yang juga dibawakan oleh Najwa Shihab turut dinominasikan untuk kategori News Talkshow.

Sebelumnya, Najwa bersama Duo Danang-Darto juga sempat naik panggung untuk membacakan kategori talkshow yang dimenangi Rumah Uya.

Duo Danang Darto menyebut Najwa sebagai presenter yang smart, tajam, pemilik mantra layar kaca, kata-katanya selalu membuat terkesima, dan darinya banyak ilmu yang diserap."

Menurut Najwa, sebuah talkshow memang harus mampu menghadirkan perbincangan yang menarik dan dikemas apik.

"Ngomongin apa pun, termasuk ngomongin politik, harus bisa asyik seperti nonton musik," tambah Najwa.

Voting pemirsa
Berdasarkan voting pemirsa yang digelar mulai dari 1 September hingga 7 Oktober, ada 22 piala yang diperebutkan yang dibagi menjadi kategori program dan individu.

Keterlibatan pemirsa televisi untuk menentukan pilihan cukup tinggi, yaitu berjumlah lebih 600.000 voting.

Untuk kategori program antara lain dibagi menjadi kategori drama seri, infotainment, pencarian bakat & reality show, berita, dan film televisi.

Sementara kategori individu antara lain mencakup aktor terfavorit, aktris terfavorit, komedian terfavorit, dan presenter berita terfavorit.

Aktor terfavorit pilihan pemirsa diraih Dude Harlino yang telah enam kali memperoleh piala PGA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com