Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Becky Tumewu: Investasi Itu Kepercayaan

Kompas.com - 23/10/2016, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berinvestasi bagi presenter dan master of ceremony kawakan, Becky Tumewu, bukanlah sekadar mencari untung atau putar uang.

Ada banyak pertimbangan juga harus dilakukan saat akan memulai atau kemudian tengah menjalankan sebuah investasi.

Apalagi, jika hal itu juga melibatkan banyak pihak, seperti mendirikan usaha patungan antarsesama teman.

"Semua orang yang namanya berinvestasi pasti jelas maunya cari untung. Tapi, untung rugi, kan, soal biasa. Yang penting terus berpikir optimistis supaya keadaan yang tadinya jelek tidak jadi tambah jelek," nasihatnya.

Selain itu isu unsur kesetiaan dan rasa saling percaya antarsesama pemodal juga penting dalam membangun sebuah bisnis patungan.

Kiat itu diakui Becky telah dia lakukan bersama rekannya sesama presenter andal, Erwin Parengkuan, sejak sembilan tahun terakhir, dengan mendirikan sekolah public speaking, "Talkinc".

"Pokoknya jangan ada dusta di antara kita. Kalau sampai ada semuanya pasti bakal berantakan. Selama ini Erwin dan saya saling melengkapi. Dia inginnya cepat sementara saya yang mengerem," ujar Becky.

Sejak satu setengah tahun terakhir Becky memperluas jangkauan bisnisnya dengan merambah bisnis makanan, restoran jepang, yang kini telah beroperasi di setidaknya lima mal besar di Jakarta.

Di bisnis makanan ini dia mencoba peruntungan dengan ikut berpatungan bersama lebih banyak lagi rekanan sesama pemodal. (DWA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 23 Oktober 2016, di halaman 16 dengan judul "Investasi Itu Kepercayaan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com