Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris Hemsworth Tiba-tiba Warnai Jari Kukunya

Kompas.com - 24/10/2016, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Mulai dari aktor Chris Hemsworth yang dikenal sebagai pemeran Thor, lalu ada Zac Efron, Tyler Blacburn, fotografer David Higgs, dan atlet peraih medali Olimpiade Michael Kim, tiba-tiba kompak mengunggah foto kuku mereka yang telah diwarnai. Ada apa?

Ternyata para lelaki yang mewarnai kukunya itu punya tujuan mulia. Pada Oktober ini, mereka membuat pernyataan sederhana, tetapi kuat untuk mengampanyekan stop kekerasan terhadap anak.

Aksi ini diinisiasi oleh organisasi nirlaba asal Australia YGAP yang mendorong orang untuk turut serta di kampanye sosial yang dinamai, Polished Man.

 

Michael Klim. Father. Legend. A #PolishedMan. Nailed it. ?

A photo posted by P O L I S H E D M A N (@polishedman) on Sep 30, 2016 at 5:01pm PDT

 

When @zacefron joined the @ygap #polishedman movement. Nailed it.

A photo posted by P O L I S H E D M A N (@polishedman) on Oct 11, 2016 at 6:06pm PDT

Polished Man adalah kampanye sosial dengan cara mengecat salah satu kuku jari untuk mendukung satu dari lima anak yang menderita secara fisik atau karena kekerasan seksual di bawah usia 18 tahun. Di tahun ketiga penyelenggaraannya, kampanye Polished Man didukung oleh sederet figur publik.

Ide untuk melakukan kampanye ini berawal ketika CEO YGAP Elliot Costello bertemu dengan Thea, seorang anak perempuan korban kekerasan yang baru saja diselamatkan saat mengunjungi Hagar International di Kamboja.

Seperti ditulis di situs YGAP, Thea yang ketika itu masih berusia 8 tahun telah mengalami kekerasan fisik dan seksual selama dua tahun setelah dikirim ke panti asuhan. Selama perjalanan bersama Costello, ia merasa tersentuh dengan apa yang dialami oleh Thea.

Ketika akan berpisah, Thea menarik telapak tangan Costello dan menggambarkan gambar berbentuk hati serta mengecat kuku Castello dengan warna biru.  

Setelah mendengar cerita Thea, Costello memutuskan untuk mulai mengecat salah satu jarinya untuk mengingat Thea, dan terinspirasi untuk berbagi pengalaman dengan orang lain untuk meningkatkan kesadaran atas kekerasan seksual dan mulai melakukan perubahan.

“Kekuatan untuk menghentikan ini ada di tangan anda. Dimulai dengan lukisan di jari kuku. Lukisan di kuku yang mengarah pada percakapan. Percakapan akan mengilhami untuk berdonasi. Dan hasil sumbangan memungkinkan untuk digunakan sebagai pencegahan dan perlindungan," tulis Costello dalam situs web Polished Man.

Sejauh ini, seperti ditulis situs mashable.com, kampanye telah menghasilkan 257.227 dollar AS. Semua dana nantinya akan disumbangkan untuk progam pencegahan dan pemulihan trauma untuk anak-anak yang mengalami kekerasan secara global.

Selain itu, dana juga akan disalurkan ke proyek-proyek di masa depan yang dilakukan oleh Hagar International, The Australian Childhood Foundation, The New York Centre for Children, dan World Vision Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com