Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susan Bachtiar Lari sampai Chicago

Kompas.com - 31/10/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Model Susan Bachtiar berlari demi anak-anak penderita kanker.
Tidak tanggung-tanggung, ia berlari sampai ke Chicago, Amerika Serikat.

Susan bercerita, Chicago Marathon 9 Oktober lalu adalah maraton kedua yang dia ikuti. Ia lari demi mencari dana untuk membuat rumah singgah bagi keluarga anak-anak penderita kanker yang berobat di Jakarta.

Orang-orang yang mendukungnya bisa menyumbang dana lewat Yayasan Ronald McDonald House Charities (rmhc.or.id).

"Menurut rencana rumah kedua ini akan dibangun di dalam RSCM, Jakarta. Jadi, orang-orang yang tinggalnya jauh dan tidak mampu bisa tinggal di sini selama (anak mereka menjalani) perawatan," cerita Susan.

Ia dengan antusias bercerita, walaupun persiapannya tidak maksimal, ia bisa menyelesaikan lari 42,195 kilometer itu dengan catatan waktu lumayan.

"Waktu Jakarta Marathon tahun sebelumnya, waktuku 6 jam 40 menit. Yang di Chicago bisa 5 jam, 21 menit, 4 detik," katanya, di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Susan bahkan bercerita, ia tidak mengalami hit the wall, di mana pelari merasa sangat lelah dan ingin menyerah di tengah maraton.

Pertama, menurut dia, karena cuaca Chicago yang lembab dan tidak panas. Selain itu, orang-orang yang berdiri di sepanjang jalan juga dengan sukacita memberikan semangat.

"Banyak yang nyiapin banner dan kasih minuman. Aku jadi semangat banget, juga karena aku ngerasa lari ini untuk sesuatu yang baik di luar diri aku kali, ya," kata Susan lagi. (EDN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 31 Oktober 2016, di halaman 32 dengan judul "Lari sampai Chicago".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com