Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acha Septriasa Hampir Tenggelam di Laut Buton

Kompas.com - 06/11/2016, 09:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Acha Septriasa mengungkapkan bahwa ada satu adegan menegangkan yang terjadi saat ia berperan dalam film Barakati. Acha mengaku hampir meregang nyawa ketika melakukan adegan menyelam di laut di kawasan Buton, Sulawesi Tenggara.

"Pas shooting terakhir itu, kayak mau mati. Saya salah gunain alat selamnya," katanya usai jumpa pers film Barakati di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2016).

Entah bagaimana cara Acha memasang alat selam itu. Yang jelas, ketika sudah berada dalam laut dan mencoba bernapas, air tiba-tiba memenuhi selang oksigennya.

Sementara mencoba memperbaiki alat yang dimaksud, tanpa sadar posisi tubuh Acha semakin menjauh dari Fedi Nuril dan kru lain yang menyelam bersamanya.

Akhirnya, ia berusaha berenang kembali ke atas sambil menahan napas.

"Saya di bawah dan harus nembus 20 meter (berenang ke atas). Sampai atas, enggak ada siapa-siapa (kru dan Fedi masih dalam air) dan saya akhirnya bisa buka alat sendiri," kata Acha.

Setelah pengalamannya yang terjadi dua tahun lalu itu, Acha justru merasa tertantang untuk menyelam lagi.

"Menyelam di kedalaman 20 meter. Ini satu petualangan yang sangat luar biasa. Berlanjut jadi suka diving dan berani. Tadinya takut sama alam bawah laut, mending di atas ketinggian," ucap Acha.

"Untuk film ini saya sama Fedi spesial belajar nyelam, enggak pakai stunt. Latihan khusus, tapi enggak terlalu lama," tambahnya.

Barakati menceritakan tentang arkeolog muda, Abdul Manan (Fedi Nuril), yang diminta untuk menerjemahkan beberapa kalimat dalam lontar abad ke-14 dari seorang jurnalis asal Inggris. Rupanya kalimat itu adalah penggalan catatan Gajah Mada tentang ramalan Ratu Adil.

Bersama rekan-rekannya, Abdul bertualang memecahkan misteri hari-hari terakhir Gajah Mada dan keberadaannya bersama prajurit Majapahit di tanah Sulawesi.

Barakati yang mengangkat kisah jejak kerajaan Majapahit di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, diagendakan rilis pada Mei 2014 lalu. Namun, baru tahun ini film tersebut berkesempatan tayang tepat pada 10 November nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com