Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riri Riza Dinobatkan Jadi Sutradara Terbaik FFI 2016

Kompas.com - 07/11/2016, 00:24 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Athirah mengantar Riri Riza menjadi Sutradara Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2016 yang diselenggarakan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2016).

Dalam kategori ini, ia bersaing dengan Timo Tjahjanto-Kimo Stamboel atau yang biasa dikenal sebagai The Mo Brothers (Headshot), Yosef Anggi Noen (Istirahatlah Kata-kata), Upi (My Stupid Boss), Pritagita Arianegara (Salawaku).

"Upo, Kimo, Timo, Prita, saya sih sebenarnya merasa bahwa sangat sulit mendefinisikan sutra terbaik. Saya rasa semua film-film tadi adalah karya penyutradaraan bagus," kata Riri di panggung FFI 2016.

Ia kemudian mengucapkan terima kasih kepada juri dan serta pihak yang memberinya kepercayaan untuk menyutradarai Athirah.

"Athirah, cerita ini diantarkan keluarga Pak Jusuf Kalla. Jadi sutradara itu, saya menjadi konduktor. Yang menggabungkan dan bekerja sama dengan sekian banyak orang. Itu yang menjadikan kerja kita luar biasa," tutur sutradara kelahiran 2 Oktober 1970 itu.

Selain mengucapkan terima kasih kepada Mira Lesmana serta tim Athirah, Riri menyampaikan apresiasinya kepada para komunitas film dan para seniman di Makassar.

"Mudah-mudahan jadi sesuatu yang dikenang untuk waktu yang panjang," Riri.

Suaranya tercekat karena terharu ketika mengucapkan terima kasih kepada keluarganya dan ibundanya yang tutup usia beberapa waktu lalu.

"Saya akan persembahkan ini pada seseorang yang penting, ibu saya. Yang mengajarkan saya arti cinta kasih. Agamanya apa pun, siapa pun, ideologinya apa pun. Mengajarkan cinta kasih.Dan itulah Athirah," kata Riri.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com