Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isyana Sarasvati Tak Sungkan “Intim” dengan Fans

Kompas.com - 11/11/2016, 06:31 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com
– Tanpa peran fans, seorang artis tak akan berarti apa-apa. Bisa jadi, adagium itulah yang membuat Isyana Sarasvati tak sungkan untuk dekat dengan penggemarnya.

Salah satu keintiman Isyana dengan fans-nya terlihat pada 4 November 2016, yaitu pada momen hari jadi Isyanation, sebutan untuk kelompok penggemar artis ini. Ia pun menyempatkan diri meniup lilin bersama fans sebelum naik panggung pada acara Fusion Friday di South Quarter, Jakarta.

Thank you, guys, for coming yesterday. Happy anniversary once again! (Terima kasih sudah datang kemarin, Semuanya. Sekali lagi, selamat hari jadi!)” tulis Isyan, sapaan akrab penyanyi Tetap Dalam Jiwa itu, di akun Instagram-nya, Minggu (6/11/2016).

Untuk menunjukkan kebahagiannya, musisi kelahiran '93 ini mengunggah foto tertawa lebar karena mendapat kejutan dari penggemarnya. Ia menulis dalam keterangan gambar tersebut, "That moment when you got a surprise visit from Isyanation... (Ketika aku dapat kunjungan kejutan dari Isyanation...)"

Isyana pernah pula mengunggah video khusus untuk Isyanation di akun YouTube pribadinya. Judul unggahan itu, “To Isyanation with Love, Isyana Sarasvati”. Selama setengah jam, ia membacakan surat berisi ucapan dan doa yang fans kirimkan dalam rangka ulang tahun ke-23 gadis ini.

“Tanpa kalian, aku enggak akan seperti sekarang, karena kalian adalah pendengar setiaku,” ujar Isyana saat menutup rekaman berdurasi 30 menit yang dia unggah pada Rabu (8/6/2016) tersebut.

Tak hanya itu. Isyana bahkan mengabulkan keinginan Rey, salah satu Isyanation, untuk berduet di atas panggung. Rey kemudian menyanyikan bagian rap di “Kau Adalah” yang biasa dilakukan oleh Rayi dari band Ran.

"Ini enggak direncanakan sama sekali. Dia tiba-tiba ada di backstage dan bilang mau nge-rap. Aku bilang boleh dan disiapin mic," tutur Isyana, seperti dilansir Kompas.com, Kamis (3/11/2016).

Setelah menyanyikan lagu tersebut, Isyana memuji penampilan Rey. Tak segan, ia pun mengatakan Rey telah bernyanyi begitu percaya diri dan penuh passion.

Semakin menanjak

Isyana pertama kali dikenal masyarakat Indonesia dengan single pertama "Keep Being You" pada 2014. Namun, langkah pelantun "Tetap Dalam Jiwa" itu sebenarnya sudah sangat jauh.

Ia merupakan jebolan Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura, dan The Royal College of Music, London. Isyan menempuh studi musik di dua akademi tersebut dengan beasiswa penuh.

KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Vokalis Isyana Sarasvati saat tampil di panggung Konser 1.000 Band Pekan Raya Indonesia di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (2/11/2016).

Sebelum terjun ke dunia musik populer, Isyana telah memiliki berbagai prestasi berskala internasional. Pada 2012, misalnya, ia membawa pulang sertifikat emas dari Bangkok Opera Foundation Singing Competition ke-6 di Bangkok, Thailand.

(Baca juga: Chelsea Islan Ditantang Bertarung, Apa Jadinya?)

Ia juga mengantongi gelar Juara Grand Prix Asia Pasific Electone Festival sebanyak tiga kali. Prestasi ini membawanya terpilih sebagai salah satu dari 15 Composer Electone Dunia yang tampil di Yamaha Electone Concours (YEC) 2012 di Tokyo, Jepang.

Begitu diluncurkan, "Keep Being You" pun langsung merebut hati masyarakat. Lagu ini sempat menempati peringkat pertama iTunes selama dua hari berturut-turut.

Karier musik solois ini juga terus menanjak dengan kelahiran Explore!. Album perdananya itu menjadi taman bermain Isyana dalam memadukan keahlian musik klasik dengan genre pop.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com