Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Vaughn "Man from U.N.C.L.E." Tutup usia

Kompas.com - 13/11/2016, 20:16 WIB

KOMPAS.com - Robert Vaughn, yang lebih kenal karena memerankan Napoleon Solo dalam serial spionase tahun 1960-an, The Man from U.N.C.L.E, dan menjadi aktor tersisa dari tujuh aktor yang membintang film Magnificent Seven, meninggal dunia Jumat (11/11/2016) waktu AS karena leukemia, kata manajernya seperti dikutip Reuters.

Sang manajer, Matthew Sullivan, mengatakan bahwa Vaughn (83) tutup usia di sebuah rumah sakit dengan dikelilingi istrinya Linda Staab dan dua anaknya, Cassidy dan Caitlin.  Sang aktor mesti dirawat karena leukemia yang akut, kata Sullivan.

Bintang kelahiran New York ini bersama David McCallum membintangi The Man from U.N.C.L.E, film yang menginspirasi buku dan film James Bond.

"Robert dan tampil bersama selama bertahun-tahun sehingga kehilangan dia adalah seperti kehilangan sebagian diri saya," kata McCallum dalam laman TVLine.com.

Serial yang populer pada 1964-1968 itu dirilis ulang menjadi film layar, termasuk One Spy Too Many dan One of Our Spies is Missing yang juga dibintangi oleh kedua aktor.

Vaughn sudah membintangi lebih dari 200 film dan acara TV selama 60 tahun kariernya, termasuk film produksi 1960, The Magnificent Seven, bersama Yul Brynner dan Steve McQueen. Sebelum meninggal, dia adalah satu-satunya yang masih hidup dari tujuh aktor yang membintangi film itu.

Film lainnya adalah Bullitt pada 1968 bersama McQueen dan The Young Philadelphians pada 1959 yang membuatnya menerima Oscar untuk kategori pemeran pembantu pria terbaik.

Di televisi, Vaughn tampil pada berbagai acara, termasuk The A-Team, versi 1998 dari The Magnificent Seven, dan pada 2012 lewat Coronation Street.

Aktor Inggris pemeran James Bond, Sir Roger Moore, menjadi di antara yang turut berduka cita atas kehilangan sang aktor lewat tweet, "Berduka mendengar kabar Robert Vaughn."

Aktor Inggris Stephen Fry juga mengunggah tweet bahwa Vaughn adalah aktor yang sungguh hebat, demikian Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com