Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasa Hukum: Mario Teguh Hanya Akui Kiswinar secara Hukum

Kompas.com - 14/11/2016, 21:14 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vidi Syarief, kuasa hukum motivator Mario Teguh, menegaskan bahwa kliennya sejak awal sudah mengakui Ario Kiswinar sebagai anak. Namun, tekan Vidi, pengakuan tersebut masih sebatas secara hukum, bukan biologis.

"Akta kelahiran kan menyatakan dia anak yang sah. Anak kandung yang sah. Kenapa mesti diakui," ucapnya kepada Kompas.com saat dihubungi melalui telepon, Senin (14/11/2016) malam.

"Akta kelahiran itu tidak pernah dibantah, tidak pernah dibatalkan. Itu bukti otentik bahwa Kiswinar adalah anak yang sah atau anak kandung dari Pak Mario secara formal, secara hukum," tambah Vidi.

Untuk mengakui Kiswinar adalah anak biologis Mario, lanjut dia, pihaknya masih menunggu hasil tes DNA yang diperkirakan keluar awal Desember 2016.

"(Kiswinar diakui secara biologis) Nah, tunggu tes DNA. Itu namanya kebenaran materiil bahwa itu anak biologis," ucapnya.

Vidi menambahkan bahwa sebenarnya tidak perlu ada pengakuan apa-apa dari Mario. Pihaknya mempersilakan hasil tes DNA yang berbicara apakah benar Kiswinar anak biologis Mario atau tidak. Sebab secara hukum, status Kiswinar sebagai anak sah kliennya sudah dibuktikan lewat akta kelahiran.

"Hasil tes DNA, mau ngaku, enggak ngaku, hasil tes DNA itu menyatakan apakah anaknya atau bukan secara biologis. Identik atau tidak, itu aja. Enggak ada aku-mengaku. Kalau hasil tesnya positif, berarti akta kelahirannya benar. Kalau hasil negatif, nah itu nanti kita lihat gimana," ucap Vidi.

"Orang-orang pakai kata 'akhirnya mengakui...' Emang selama ini enggak mengakui? Orang akta kelahiran tidak dibantah kan artinya mengakui dari dia lahir. Kecuali, aktanya pernah dibatalkan, itu baru cocok pake kata 'akhirnya mengakui...'. Ini enggak dibatalkan kok," imbuhnya.

Sebelumnya, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto mengatakan, dari pemeriksaan selama enam jam, Mario mengakui bahwa Kiswinar adalah anak dari pernikahannya dengan Aryani.

"Pak Mario Teguh mengatakan bahwa si Ario Kiswinar adalah putra dari hasil perkawinan dia dengan Bu Aryani," ujar Budi ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin (14/11/2016).

"Pokoknya dalam BAP dia menyampaikan bahwa Ario Kiswinar itu anak antara Mario Teguh dan Aryani, mengakui," ucap Budi.

Meski begitu, penyidik tetap akan melakukan tes DNA. Mario telah menjalani tes DNA di kantor Disaster and Victim Identification (DVI) pada 8 November 2016 lalu.

"Kami harus buktikan itu dengan DNA, di samping karena kedua pihak memang meminta tes DNA," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com