Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Vlogger" Papan Atas Casey Neistat Pensiun Bikin Vlog

Kompas.com - 23/11/2016, 17:56 WIB


KOMPAS.com - YouTuber terkenal yang memiliki lebih dari lima juta subscribers, Casey Neistat, resmi mengundurkan diri dari dunia vlog.

Pada Sabtu (19/11/2016) lalu, Casey menyampaikan hal tersebut melalui video berdurasi 10 menit yang ia unggah di akun YouTube pribadinya.

Dalam video berjudul I’m Ending the Vlog ini, Casey memberikan penjelasan mengapa ia memutuskan berhenti. Menurut Casey, ia merasa tak lagi menemukan tantangan untuk mengasah kreativitas ketika membuat vlog.

"Dulu saya membuat vlog agar bisa menantang diri untuk melakukan hal-hal kreatif setiap harinya. Awalnya konsep itu berhasil. Tiap bangun pagi saya berpikir untuk membuat vlog terbaik," kata Casey.

Akan tetapi, sekian lama kemudian Casey merasa tantangan kreativitasnya telah hilang. Ia telah menemukan sistem, pola, dan teknik membuat vlog. Hal ini yang membuat Casey merasa bahwa membuat vlog menjadi rutinitas yang monoton dan membosankan.

"Saya tahu bagaimana caranya membuat vlog. Lalu dengan mudah saya mendapatkan uang banyak dari AdSense. Semua orang melihat karier YouTube saya sangat sukses. Saya tidak pernah membayangkan ini sebelumnya," katanya menjelasakan.

Dengan segala pencapainnya, Casey merasa sudah masuk ke zona nyaman dengan segala popularitas, pengakuan, dan uang yang melimpah. Ia percaya bahwa hal yang paling mengerikan dari kesuksesan adalah zona nyaman itu sendiri.

Karena itulah, satu-satunya jalan buat terlepas dari zona nyamannya sebagai vlogger adalah dengan meninggalkannya sama sekali.

"Saya harus move on," kata Casey.

Meskipun sudah memutuskan buat pensiun membuat vlog, Casey tak serta merta meninggalkan dunia digital dan YouTube. Ia masih akan mengunggah video di YouTube dengan format yang berbeda.

"Sekarang waktunya melihat hal baru. Saya tidak akan berhenti di Youtube. Saya akan tetap mengunggah video, akan tetapi dengan konsep yang bukan Vlog," kata Casey.

Casey sendiri udah mulai mengunggah video di Youtube pada tahun 2010. Ketika itu konten videonya masih banyak menceritakan tentang realitas sehari-hari yang satir namun sarat humor.

Namanya baru melambung tinggi dan terkenal di internet ketika ia mulai rutin mengunggah vlog sekitar 18 bulan lalu. Dari konten vlog inilah nama Casey dikenal oleh netizen dari seluruh dunia.

Sebelumnya, Casey adalah seorang sineas yang telah membuat film sejak awal 2000-an. Beberapa karyanyanya antara lain, film pendek iPod’s Dirty Secret, serial film Science Experiments, dan serial televisi The Neistat Brothers yang tayang di jaringan HBO.

Saat ini, Casey diketahui memiliki 5,7 juta subscribers dan rata-rata 5 juta viewer per hari di YouTube. Ia udah mengunggah tak kurang dari 985 video di channel YouTube miliknya. Total views yang sudah diraihnya pun telah lebih dari 1,2 milliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com