Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nova Eliza dan 51 Pria

Kompas.com - 26/11/2016, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya dalam waktu satu bulan, artis peran kelahiran Aceh, Nova Eliza (36), mengumpulkan 51 pria dari berbagai profesi. Mereka didapuk menjadi tokoh dalam pameran foto Suara Hati Lelaki guna mengedukasi masyarakat dan merangkul para perempuan korban kekerasan untuk berani bicara.

"Maunya lebih dari 51, tetapi waktunya mepet dan tidak semua tokoh yang berminat berhasil kami foto," kata Nova saat peluncuran pameran hasil kerja sama dengan Kedutaan Besar Belanda itu di Senayan, Jakarta, Rabu (23/11).

Di antara para pria itu terdapat personel Slank, yakni Ivan, Kaka, dan Ridho, penyanyi Eros Tjokro, Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol, artis film Vino G Bastian, Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama, serta chef Chandra Yudasswara.

"Kami memilih mereka yang dapat menyuarakan isi hati mereka untuk menghentikan kekerasan. Mereka juga dapat memotivasi orang lain untuk menghentikan kekerasan. Pria juga perlu dilibatkan untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan," ujar Nova.

Perempuan itu prihatin, setiap tahun kekerasan terhadap perempuan meningkat, terutama dalam rumah tangga. Kekerasan terbanyak terhadap perempuan adalah kekerasan seksual dan pencabulan. "Tentu saja ada pria yang menjadi korban kekerasan, tetapi pelaku terbanyak adalah pria sehingga kami menampilkan mereka yang peduli," ujar Nova. (TIA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 26 November 2016, di halaman 32 dengan judul "51 Pria".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com