Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa Lestarikan Lagu Nasional

Kompas.com - 28/11/2016, 23:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Gita Gutawa (23) tergerak untuk melestarikan lagu-lagu nasional dengan membuat proyek Gita Puja Indonesia. Ia memulainya dengan mengunggah video lirik lagu "Terima Kasihku" karya Sri Widodo ke Youtube.

"Aku kagum dengan lagu-lagu nasional yang banyak dan beragam tema. Di sisi lain, musik mempunyai kekuatan luar biasa untuk menyebarkan paham nasionalisme. Dengan spirit itulah aku ingin melestarikan, mengapresiasi lagu nasional. Enggak cuma menyanyikan lagunya, tetapi juga bisa menginspirasi dan mengangkat semangatnya," kata Gita, Jumat (25/11), di Jakarta.

Video lirik itu mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Tulungagung, Jawa Timur, yang menyuguhkan penampilan para siswa dan guru dengan gaya mematung atau mannequin challenge. Suara Gita dengan iringan orchestra sang ayah, Erwin Gutawa, direkam di Praha. Untuk gerakan ini, Gita memakai tagar #GitaPujaIndonesia dan #TeruskanIlmu.

Gita mengajak generasi muda untuk membuat video pendek tiga menit mengenai berbagi ilmu apa yang dipunyai. "Semoga banyak generasi muda yang mau ikutan gerakan ini sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Apabila mencapai 100 video, akan ada 10 tiket penerbangan domestik untuk guru," kata alumnus London School of Economics and Political Science, Inggris, ini.

Tak hanya gerakan untuk Hari Guru Nasional, Gita pun berharap bisa mengapresiasi lagu nasional di hari besar lain. "Sudah lama, aku memang pengen mempunyai gerakan bagi kaum muda untuk sama-sama berbuat sesuatu untuk negeri tercinta," ujar Gita. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 November 2016, di halaman 32 dengan judul "Lestarikan Lagu Nasional".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com