Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Indro Hardjodikoro dengan Basnya yang Hilang

Kompas.com - 07/12/2016, 06:47 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain bas Indro Hardjodikoro (47) baru saja kehilangan enam basnya pada November 2016 lalu karena dicuri maling dari rumahnya.

Dari enam bas tersebut, ada salah satu bas yang mempunyai kenangan tidak terlupakan, yakni tipe Fender Jazz Bass USA 1978.

"Itu bas saya yang pertama, belinya itu tahun 1987 waktu saya masih SMA," kata Indro saat berbincang dengan Kompas.com memalui sambungan telepon, Selasa (6/12/2016) malam.

Untuk membeli bas tersebut Indro harus berkoban. Ia harus menjual sepeda motor miliknya agar bisa membeli bas idamannya tersebut. Namun, uang hasil penjualan sepeda motornya ternyata belum cukup.

"Jual motor pun juga belum dapat, harga motor tuh Rp 750.000 dan harga basnya Rp 1 juta. Jadi kekurangan itu dicicil lagi," kata Indro.

"Lagian waktu itu saya belum main profesional. Baru main di acara sekolah aja," lanjut dia.

Bersama bas tersebut, Indro tampil di berbagai pertunjukkan musik baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ia merasa bas tersebutlah yang telah membawanya berkarier di industri musik hingga saat ini.

"Itu bas sudah pulang pergi, bolak-balik ke Amerika, main di mana-mana pakai itu. Eh, ternyata itu yang hilang. Ternyata belum jodoh lagi," ucap Indro dengan nada kecewa.

Adapun lima bas Indro yang hilang adalah bertipe Yamaha JP 2 6 Strings, Musicman USA 1978, Cort A5 FMMT, Cort ISB 6, dan Washburn Fretless.

Selain itu, Indro juga kehilangan sebuah headphone dan satu unit MacBook Pro. Total kerugian yang dialaminya sekitar Rp 100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com