Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endah N Rhesa Tidak Ingin Musisi Mendapatkan "Charity" di Hari Tua

Kompas.com - 07/12/2016, 19:26 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo Endah N Rhesa berharap para musisi dapat hidup sejahtera di hari tua. Endah Widiastuti (vokal dan gitar) dan Rhesa Aditya (bas) tidak ingin para musisi itu sampai mendapatkan sebuah konser charity.

"Saya ingin semua musisi indie ataupun tidak indie, mereka mencapai apa yang mereka inginkan. Salah satunya mungkin kesejahteraan," ujar Rhesa saat dijumpai dalam sebuah acara bertema musik indie di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2016).

"Gimana cara mendapatkannya? Kami memang masih cari formula. Tapi, saat ini kami mengimbau agar menabung dan berinvestasi. Minimal itu dasar bagaimana di hari tuanya tidak ada charity," lanjut Rhesa.

Mengusung semangat indie dalam berkarya, kata Rhesa, merupakan sebuah pilihan bagi Endah N Rhesa. Dengan begitu, mereka mengaku dapat berekspresi dan menentukan sendiri target pasarnya.

Meski demikian, Endah N Rhesa sadar bahwa berkarier di industri musik ada masanya. Mereka pun mencoba formula menabung dan berinvestasi.

"Kalau kami sih lebih menyisihkan dari budgeting dan mencoba lebih disiplin dalam pengeluaran, seperti itu," kata dia.

"Sebenarnya musuh terbesar musisi adalah lifestyle. Enggak cuma musisi sih, semua orang juga musuh terbesarnya lifestyle. Pinter-pinter ngerem untuk mengeluarkan dana untuk sesuatu yang mungkin tidak prioritas gitu," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com