Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Davina Veronica: Pelepasliaran Orangutan

Kompas.com - 09/12/2016, 15:00 WIB

KASONGAN, KOMPAS.com -- Di tengah kesibukannya sebagai artis dan model, Davina Veronica (38) menyempatkan diri untuk ikut melepasliarkan 11 orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Kegiatan itu dilakukan bersama Yayasan Borneo Orangutan Survival Nyaru Menteng dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah.

"Saya dari kecil memang pencinta binatang," kata Davina, Co-founder dan CEO Garda Satwa Indonesia, saat ditemui di sela-sela peresmian Kebun Raya Katingan dan acara simbolis pelepasliaran orangutan di Kasongan, Kabupaten Katingan, Selasa (6/12/2016).

Untuk mencapai lokasi pelepasliaran di taman nasional itu, Davina bersama tim harus menempuh perjalanan selama 7-8 jam.

Mereka melalui jalur darat yang berbukit-bukit dan mengarungi sungai dengan riam yang menantang. Tim berangkat pada Selasa sore dan kembali ke Palangkaraya pada Kamis (8/12/2016) pagi.

Suporter kehormatan (honorary supporter) WWF Indonesia itu mulai aktif menjadi pemerhati satwa dan isu lingkungan sejak 2009.

Dia sering berkunjung ke Kalimantan, terutama Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, serta Kalimantan Timur.

Meski kerap kegerahan oleh panasnya udara di Kalimantan, Davina mengatakan senang berkunjung ke pulau itu. Dia juga senang karena masyarakat menyambutnya dengan ramah. (DKA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 9 Desember 2016, di halaman 32 dengan judul "Pelepasliaran Orangutan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com