Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dude Harlino Sadar Pentingnya Peran Ayah untuk Perkembangan Anak

Kompas.com - 13/12/2016, 18:06 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai seorang ayah, pemain sinetron Dude Harlino (36) mengaku tahu betul arti penting peran dirinya dalam proses tumbuh kembang anak.

Untuk itu, Dude tak mau melewatkan masa pertumbuhan putranya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino.

"Saya sadar peran ayah penting. Ayah harus hadir dalam perkembangan anak. Caranya ya dengan pulang ke rumah, habiskan waktu dengan anak, ngasih makan, main. Di tengah kesibukan jadi harus luangkan waktu. Itu penting," papar Dude saat ditemui di jumpa pers Mom & Kids Awards 2016 di MNC Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (13/12/2016).

Dude dan sang istri, Alyssa Soebandono, selalu meluangkan waktunya untuk bermain bersama anak di tengah kesibukannya sebagai entertainer.

"Yang penting pertama momy-nya sayang dulu sama daddy-nya. Kalau bagi waktu ya disesuaikan sama aktifitas, saya di antara kesibukan saya siapkan dengan Riendra walau enggak semaksimal Icha," ucapnya.

Dude percaya dengan memberikan perhatian maksimal, anak akan senang walaupun dengan waktu yang singkat.

"Biasanya bermain, karena aktifitas, misalnya kalau ada kesibukan bisa dipersingkat dengan waktu yang baik. Misalnya pagi, saya ajak dia berenang sebelum shooting, dan dia happy banget. Saya maksimalkan di situ," jelas Dude.

"Kalau waktunya terbatas, dipersingkat dengan penggunaan waktu yang baik dengan bermain dan ketawa bersama. Kalau sudah bisa menerima ya kita ajarkan yang lain, misalkan ucapkan salam, surat-surat singkat, memakai tangan kanan," imbuh Dude.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com