Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miki "Idol" Rindu Natal di Papua

Kompas.com - 14/12/2016, 18:10 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Miki Idol (33) selalu rindu merayakan Natal bersama keluarga di kampung halamannya, Papua. Tradisi dimulai dari berangkat ke gereja pada tanggal 24 malam dan dilanjutkan dengan kumpul dan berdoa bersama menjelang pukul 00.00.

Bersama keluarga dan tetangga, pemilik nama asli Michael Herman Jakarimilena ini biasanya menikmati kelap-kelip lampu hias yang sengaja dipasang di atas bukit dan bermain meriam dari bambu dan kaleng.

"Kenangan indah masa kecil merayakan Natal dengan keluarga di Papua masih hadir setiap malam Natal," kata Miki di sela-sela HUT ke-20 GPIB Kasih Karunia Parung Serab, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (10/12). Penyanyi yang naik daun setelah menempati posisi kelima Indonesian Idol musim pertama ini tampil menyanyikan tembang rohani pada acara tersebut.

Miki bercerita, saat mengalami rindu kampung halaman ketika pertama kali kuliah di Jawa Tengah, dirinya berusaha mengatasinya dengan berjalan kaki sepulang dari gereja ke rumah kos yang berjarak sekitar 1 kilometer. "Mungkin merasa kasihan melihat saya jalan kaki, seorang tukang becak menawarkan mau mengantar saya pulang ke rumah tanpa bayar ongkos. Tetapi, saya menolaknya. Kalau cepat sampai di rumah kos, saya pasti akan rindu rumah," tambah Miki yang memerankan ayah Denias dalam film Denias, Senandung di Atas Awan.

Akhir tahun 2016, Miki bakal merayakan Natal di Papua. Namun, dia juga mesti ke Manado, Sulawesi Utara, untuk mengisi pujian dalam Perayaan Natal Nasional di Tondano, Minahasa, yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo. (PIN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 14 Desember 2016, di halaman 32 dengan judul "Rindu Natal di Papua".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com