Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamila Andini Tak Pernah Belajar Penyutradaraan dari Garin Nugroho

Kompas.com - 19/12/2016, 10:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi putri seorang sutradara kawakan tak lantas membuat Kamila Andini mudah mendapatkan ilmu dari ayahnya, Garin Nugroho.

Ia justu mengaku tak pernah diajari langsung oleh Garin tentang penyutradaraan.

"Saya enggak pernah belajar langsung sama ayah," kata Kamila usai diskusi film Memoria di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2016).

Namun itu bukan karena Garin enggan atau Kamila yang tak mau diajari sang ayah. "(Kenapa?) Karena ayah bukan tipe guru," ucap Kamila singkat.

Tetapi di luar itu, istri sutradara Ifa Isfansyah ini mengakui bahwa ayahnya punya andil besar dalam menumbuhkan kecintaannya pada dunia film.

"Pengaruh dari ayah pasti ada. Dari kecil terbiasa sama film. Kenapa saya pengin bikin film karena semua udah saya coba, dari fotografi, musik, tari. Tapi hanya film yang semakin ke sini semakin berat, cuma semakin saya suka dan challenging," ujar Kamila.

Lantas ketika ia memiliki seorang ayah dan suami yang sama-sama berprofesi sebagai sutradara, adakah niat Kamila menggandeng mereka membuat film bersama?

"Tidak menutup kemungkin. Mengalir aja, kalau ada waktu untuk kolaborasi, bikin film bareng, tentu sangat menarik. Saya filmmaker yang organic. Mengalir aja, saya tidak pernah mengonsepkan," ucap Kamila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com