Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iis Dahlia: Telolet, Alay Ah

Kompas.com - 21/12/2016, 19:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak seperti kebanyakan orang saat ini, penyanyi dangdut Iis Dahlia mengaku tak terkena demam idiom "om telolet om".

Sebagai informasi, "om telolet om" adalah idiom yang digunakan saat berburu bunyi klakson bus-bus antar kota yang terkenal dengan melodinya yang meliuk-liuk.

Untuk meminta "telolet" itu, orang-orang umumnya berdiri di pinggir jalan sambil berteriak atau memegang secarik kertas bertuliskan "om telolet om".

"Enggak (terjangkit fenomena 'telolet'), alay ah alay," kata Iis dalam wawancara di Lippo Mal Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016).

Ibu dua anak ini menganggap aneh aksi orang-orang yang berdiri di pinggir jalan hanya untuk menunggu sopir-sopir bus antarkota membunyikan klaksonnya.

"Ya alay aja. Masa orang berhentiin bus, eh telolet telolet dong. Aposeee he-he-he," ujar Iis sambil tersenyum kemudian berlalu pergi.

Fenomena "Om telolet om" bermula dari keisengan anak-anak muda yang meminta sopir bus-bus AKAP yang melewati daerah Pantura untuk membunyikan klaksonnya.

Bunyi klakson itu dianggap lucu dan unik. Beberapa netizen kemudian mencoba merekam aksi meminta 'telolet' itu dan mengunggahnya ke Instagram.

Sejak itu "om telolet om" menjadi viral. Hingga para disc jockey (DJ) dunia, sebut saja DJ Snake, Yellow Claw, Marshmello, Zedd hingga The Chainsmokers, ikut terjangkit.

[Baca: Ketika Para DJ Dunia Terkena Demam Om Telolet Om]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com