Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giring "Nidji" Berbagi Jurus Hadapi "Hoax"

Kompas.com - 08/01/2017, 19:27 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Giring Ganesha punya jurus untuk menghadapi berita bohong atau hoax, maupun konten bernada provokatif.

Vokalis band Nidji itu berpendapat, yang paling mudah dilakukan adalah dengan tidak sembarangan membagikan berita itu, apalagi jika kontennya tidak meyakinkan.

"Lihat dari mana sumbernya. Jangan percaya 100 persen apa pun yang ada di internet," kata dia saat ditemui di acara sosialisasi anti-hoax di kawasan hari bebas kendaraan bermotor, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2017).

Giring menilai, konten bernada negatif merupakan penyakit tahunan terutama bila bebarengan dengan pemilihan umum.

"Hobi gue sekarang di Facebook melaporkan konten provokatif dan menyinggung SARA," kata Giring

Ia dan sebuah situs web membuat acara "Nge-Giring Nalar", untuk membahas isu yang beredar di masyarakat, salah satunya mengenai pekerja China di Indonesia.

Upaya Giring ini, tidak selalu mendapat respons positif dari netizen. Ia mengaku justru mendapat banyak respons negatif, termasuk menerima kalimat "mati aja lo".

Bagi dia, sudah menjadi tugas generasi muda yang paham dunia digital untuk mengingatkan orang lain, mana yang hoax dan yang bukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com